Anggraini, Amri Sri Anggun (2022) Pengaruh Konten Wisata di Instagram Terhadap Keinginan Berkunjung Wisatawan di Lava Bantal. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (7MB) |
Abstract
Peranan Instagram cukup besar untuk pariwisata sendiri, banyak traveler sekarang ikut mulai berwisata setelah melihat foto atau video di Instagram. Instagram dirasa menjadi platform efektif untuk menyebarkan informasi pariwisata. Fenomena inilah yang menjadi latar belakang peneliti, Kemunculan Instagram foto-foto wisata, video-video wisata dan banyak konten wisata yang menarik yang diunggah pengguna Instagram nampaknya dapat mempengaruhi pengguna lainnya dan menimbulkan respon bagi para pengguna Instagram lainnya. Ditambah dengan banyaknya orang yang ingin dan melakukan travelling setelah adanya akun yang membahas tentang travelling berkembang di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten wisata di Instagram terhadap keinginan berkunjung wisatawan di Lava Bantal. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan yang berusia mulai dari 15 tahun dan memiliki akun sosial media Instagram aktiv serta mengikuti dan menyukai konten wisata di Instagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel (X) Media Sosial Instagram yang meliputi (X 1 ) Hashtag, (X 2 ) Foto, (X 3 ) Video berpengaruh secara simultan terhadap variabel (Y) Keinginan Berkunjung, hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan Uji F yang diperoleh F hitung sebesar 70,937 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Nilai F hitung (70,937) > F tabel (2,699) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Uji T yang didapatkan dari Hashtag adalah sebesar 0,232 yang bernilai positif dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05 serta t hitung 2,102 > 1,985 dan pengaruh yang dihasilkan Foto sebesar 0,744 yang bernilai positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta t hitung 5,158 > 1,985 sedangkan pengaruh yang dihasilkan Video sebesar sebesar 0,592 yang bernilai positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta t hitung 4,944 > 1,985. Uji R square sebesar 0,679 atau sebesar 67,9% yang berarti bahwa variabel hashtag, foto dan video memengaruhi keinginan berkunjung sebesar 67,9% dan sisanya yaitu 32,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar penelitian, dan variabel Foto yang paling mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung dengan nilai koefisien regresi variabel foto adalah 0,744 dengan asumsi jika foto mengalami kenaikan 1 maka keinginan berkunjung juga akan mengalami kenaikan sebesar 0,744. Oleh karena itu media sosial Instagram harus dimanfaatkan secara optimal dengan memperhatikan konten-konten yang di sajikan seperti foto dan video dengan menggunakan hashtag dan caption yang menarik dan informatif sehingga menimbulkan keinginan berkunjung wisatawan ke Lava Bantal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 518101023 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, hashtag, foto, video, keinginan, berkunjung |
Subjects: | Tourism > Visitation Social Media |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 05:53 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 05:53 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1356 |
Actions (login required)
View Item |