Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kebun Raya Bogor

Rinjani, Delfiana (2022) Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kebun Raya Bogor. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Raya Bogor. Berdasarkan hasil pengamatan pra penelitian, Kebun Raya Bogor memiliki produk wisata baru yang telah dikembangkan oleh pihak pengelola, namun terdapat penurunan pada jumlah kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Bogor. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk wisata secara simultan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dan untuk mengetahui produk wisata yang paling berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kebun Raya Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas meliputi Atraksi (X1), Amenitas (X2), Aksesibilitas (X3) dan variabel terikat yaitu Keputusan Berkunjung (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling atau penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu wisatawan yang telah mengunjungi Kebun Raya Bogor minimal (satu) kali. Hasil penelitian ini berdasarkan uji koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel Atraksi (X1), Amenitas (X2) dan Aksesibilitas (X3) terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y) sebesar 62,5% dan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis uji F memperoleh nilai F hitung lebih besar dari (>) nilai f tabel (55,941 > 2,70) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Atraksi (X1), Amenitas (X2) dan Aksesibilitas (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y). Adapun berdasarkan hasil analisis uji t, diketahui bahwa variabel Aksesibilitas (X3) yang paling berpengaruh terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y). Hal ini dikarenakan variabel Aksesibilitas (X3) memiliki nilai t hitung paling tinggi (4,431>1,984) dibandingkan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100859
Uncontrolled Keywords: Produk Wisata, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Kebun Raya Bogor.
Subjects: Tourism
Tourism > Tourist / Traveler
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:50
Last Modified: 11 Mar 2023 04:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item