Strategi Pengembangan Desa Wisata Pules Kidul Sebagai Desa Wisata Rintisan di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Arafina, Dema Fadiah (2022) Strategi Pengembangan Desa Wisata Pules Kidul Sebagai Desa Wisata Rintisan di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak desa wisata salah satunya yaitu desa wisata Pules Kidul yang sedang dikembangkan sebagai desa wisata rintisan. Desa wisata Pules Kidul memiliki daya tarik tersendiri yaitu adanya budidaya tanaman puring, bukan hanya itu saja ada juga dari segi potensi wisata secara fisik dan non fisik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pengembangan potensi wisata yang ada didesa wisata Pules Kidul secara fisik dan non fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menguraikan data dari hasil studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi yang diperoleh selama penelitian yang dilakukan, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisa berdasarkan faktor internal (Strength, Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities, Threats) yang kemudian faktor ini digunakan untuk membuat strategi berdasarkan matriks SWOT sehingga mendapatkan hasil berupa strategi SO, strategi ST, strategi WO, strategi, WT. Strategi pengembangan di Desa Wisata Pules Kidul yaitu (1) Strategi SO : mempromosikan potensi-potensi wisata secara fisik maupun non fisik dengan memanfaatkan media sosial, media elektronik, maupun media cetak agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, mempertahankan dan melestarikan potensi wisata yang ada di Desa Wisata Pules Kidul, Mengidentifikasi dan memilih potensi lokal yang dinilai memiliki daya tarik tinggi. (2) Strategi ST : Meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi tanaman puring. Menciptakan ikon atau brand sebagai ciri khas Desa Wisata Pules Kidul. (3) Strategi WO : Meningkatkan kerja sama antar warga untuk membangun potensi wisata agar lebih tertata indah dan rapi. Serta lebih inisiatif melakukan sosialisasi atau pelatihan kepada warga Dusun Pules Kidul tentang pentingnya Kepariwisataan. Membangun jejaring kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun desa wisata secar berkelanjutan. Meningkatkan kemampuan manajemen dan kewirausahaan petani puring. (4) Strategi WT : Menyediakan jalur evakuasi yang aman dan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Serta komersialisasikan anekan produk olahan buah salak yang bernilai ekonomis, dan menyediakan fasilitas yang memadai bagi wisatwan, Meningkatkan keamanan di lokasi objek wisata. Meningkatkan keamanan di lokasi objek wisata. Meningkatkan koordinasi dan persatuan petani puring

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518101058
Uncontrolled Keywords: Tourism potential, Development Strategy, Tourism Village
Subjects: Tourism > Tourist Village
Tourism > Tourism Development
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:28
Last Modified: 13 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item