Pengaruh Review Travel Vlogger di Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial ke Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta

Loth, Estorindo B (2022) Pengaruh Review Travel Vlogger di Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial ke Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh review Travel Vlogger di media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pendekatan asosiatif yang dilakukan kepada 30 responden, dengan kriteria wisatawan milenial yang sudah atau sedang berkunjung ke Candi Prambanan, pernah melihat konten review di media sosial, serta merupakan pengguna media sosial Instagram dan Youtube. Jenis instrumen pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, mengambil dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R 2 ) untuk melihat variabel X yang paling dominan berpengaruh secara parsial, pengaruh variabel X secara simultan dan seberapa besar pengaruh review Travel Vlogger terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan variabel independen Review Travel Vlogger (X) yang diwakili oleh dimensi Source Trustability (X1), Source Knowledge (X2), Source Tie Strength (X3) dan Source Homophily (X4), dan variabel dependen yakni Keputusan Berkunjung (Y). Hasil analisis Uji T yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa variabel Source Homophily (X4) memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke Candi Prambanan, dengan nilai t hitung sebesar 4.524. Karena Milenial cenderung lebih menyukai jenis konten yang dibawakan oleh seorang Travel Vlogger yang kekinian, terkenal di media sosial, dan mampu membawakan informasi dengan cara yang unik. Selanjutnya dari hasil analisis Uji F diperoleh nilai f hitung sebesar 33.239, yang berarti bahwa review Travel Vlogger berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial secara simultan. Seorang Travel Vlogger yang sudah memiliki penggemar setia dapat memberikan impact melalui ulasan pada kontennya dan konten ini dibawakan dengan cara yang khas, menggunakan bahasa slang dan tidak terikat suatu peraturan yang kaku. Hasil dari uji Koefisien Determinasi (R 2 ) diperoleh nilai sebesar 0.816 yang memiliki arti bahwa review Travel Vlogger berpengaruh terhadap keputusan berkunjung sebesar 81.6%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518101033
Uncontrolled Keywords: Review Travel Vlogger, Keputusan Berkunjung, Candi Prambanan
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler
Social Media
Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:22
Last Modified: 13 Mar 2023 04:22
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item