Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen di Pare’s Eat Drink & Coffee Pare

Octaviola, Anindita Nadira (2022) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen di Pare’s Eat Drink & Coffee Pare. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pare’s Eat Drink & Coffee Pare merupakan satu-satunya café bernuansa Paris yang ada di Pare. Café ini terletak di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur. Café ini memiliki fasilitas lengkap yang dapat digunakan secara gratis oleh konsumen yang berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh media sosial instagram (content creation, content sharing, connecting, dan community building) terhadap minat berkunjung konsumen di Pare’s Eat Drink & Coffee Pare. 2) Di antara berbagai komponen media sosial instagram, manakah yang memiliki pengaruh paling besar terhadap variabel minat berkunjung. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yang berkunjung ke Pare’s Eat Drink & Coffee Pare. Pengumpulan data menggunakan kuesioner teknik skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) secara simultan terhadap Minat Berkunjung (Y) dengan nilai uji F sebesar 51.713, taraf signifikan sebesar 0,000, dan Adjusted R Square sebesar 67,2% sedangkan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh variabel lain seperti word of mouth, website, dan brosur. Berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai Standardized Coeffiecient Beta Content Creation (X1) sebesar 0,297 atau 29,7%, nilai Standardized Coefficient Beta Content Sharing (X2) sebesar 0,126 atau 12,6%, nilai Standardized Coefficient Beta Connecting (X3) sebesar 0,446 atau 44,6%, dan nilai Standardized Coefficient Beta Community Building (X4) sebesar 0,184 atau 18,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah Connecting (X3). Hal itu disebabkan karena instagram Pare’s Eat Drink & Coffee Pare aktif memberikan respon positif, membalas komentar audiens, dan berinteraksi dengan audiens melalui fitur instagram story, sehingga membuat variabel Connecting (X3) paling berpengaruh. Maka dapat disimpulkan Ha 1 dan Ha 2 diterima, H0 1 dan H0 2 ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101152
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Minat Berkunjung, Café.
Subjects: Social Media
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2023 06:02
Last Modified: 25 Mar 2023 06:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item