Analisis Strategi Pemasaran di Omah Jowo Lawas Resto (Omjola)

Oktaviana, Anita Eka (2022) Analisis Strategi Pemasaran di Omah Jowo Lawas Resto (Omjola). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (670kB)

Abstract

Saat ini perkembangan industri pariwisata di Indonesia semakin pesat. Banyaknya persaingan antara restoran-restoran sangat meningkat. Persaingan bisnis restoran yang semakin kompetitif menyebabkan pengelolaOMJOLA Resto berupaya keras dalam memilih strategi yang tepat untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan Pengelola OMJOLA Resto, Karyawan OMJOLA Resto, dan 2(dua) Konsumen OMJOLA Resto dengan total 4(empat) responden. Analisis data menggunakan analisis SWOT dipadukan dengan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, and Promotion). Berdasarkan matriks IFAS kekuatan terbesar terdapat pada jenis menu yang ditawarkan OMJOLA Resto bervariasi dan adanya produk unggulan dengan skor bobot 0.625. Sedangkan kelemahan terbesar terdapat pada kurangnya sarana promosi offline seperti brosur dan pamflet dengan skor bobot 1.125. Untuk matriks EFAS Peluang tertinggi terdapat pada harga yang terjangkau disukai oleh semua kalangan dengan skor bobot 0.610. Untuk ancaman tertinggi terdapat pada banyaknya pesaing yang mendirikan usaha sejenis dengan skor bobot 0.692. Pembobotan terhadap faktor internal dan faktor eksternal merupakan nilai yang ditunjukan pada kuadran SWOT. Nilai sumbu x yang didapat dari faktor internal dan sumbu y yang didapat dari faktor eksternal. Dari hasil perhitungan nilai x yaitu 2,375 dan penghitungan nilai y 1,836. Perhitungan tersebut menunjukkan bahawa nilai x dan nilai y sama-sama positif, sehingga posisi OMJOLA Resto berada pada kuadran I (positif, positif) pada analisis SWOT sehingga rekomendasi yang diperlukan oleh OMJOLA Resto adalah progresif, dimana strategi ini bisa dilakukan oleh OMJOLA Resto dengan cara meningkatkan penjualan dan meningkatkan kapasitas produksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317100988
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, resto
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Mar 2023 06:08
Last Modified: 25 Mar 2023 06:08
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item