Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Wingko Babat Substitusi Singkong Ketan

Utari, Dyah Ayu (2022) Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Wingko Babat Substitusi Singkong Ketan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (634kB)

Abstract

Wingko babat merupakan kue yang termasuk dalam kategori jajanan pasar, wingko babat terbuat dari kelapa, tepung beras ketan dan gula pasir proses memasaknya dengan cara dipanggang menggunakan cetakan berbentuk bulat . Singkong (Manihot Utilissima) merupakan tanaman umbi-umbian yang dapat digunakan sebagai substitusi dari tepung beras ketan. Penelitian dengan judul “ANALISIS TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN TERHADAP WINGKO BABAT SUBSTITUSI SINGKONG KETAN” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap aspek yang paling dominan pada wingko babat substitusi singkong ketan. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner kemudian dianalisa menggunakan uji hedonik dan uji mean. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 35 orang yang merupakan dosen dan mahasiswa/i Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Angkatan tahun 2017. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa untuk indikator rasa sebesar 4.46, nilai untuk indikator warna bagian luar sebesar 4.29, nilai untuk aspek tekstur sebesar 4.23, dan nilai untuk aspek aroma sebesar 4.20, nilai untuk indikator warna bagian dalam sebesar 3.97. Dari ke-lima indikator memiliki rata-rata yang berbeda, yang berarti ada perbedaan kesukaan konsumen terhadap wingko babat dengan singkong ketan sebagai bahan substitusi dari tepung beras ketan dari aspek warna bagian dalam, warna bagian luar, aroma, tekstur, dan rasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101111
Uncontrolled Keywords: Wingko babat, Substitusi, Singkong (Manihot Utilissima), Tingkat Kesukaan, Uji Hedonik, Uji Mean
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Economy > Customer and Consumer > Levels of Pleasure
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:46
Last Modified: 27 Mar 2023 06:46
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item