Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Khusus di The House Of Raminten)

Fransiska, Fitria (2022) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Khusus di The House Of Raminten). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di The House of Raminten yang merupakan salah satu restoran yang menggunakan seperangkat bauran pemasaran 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) untuk memperoleh laba melalui kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P secara simultan terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh bauran pemasaran 7P secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjeknya adalah konsumen The House of Raminten baik lakilaki maupun perempuan di atas usia 18 tahun dan objeknya adalah elemen bauran pemasaran 7P dan kepuasan konsumen. Kuesioner didistribusikan kepada 100 konsumen yang pernah berkunjung di The House of Raminten untuk dijadikan sampel. Uji validitas dan realibilitas dilakukan pada responden di luar dari jumlah sampel yakni sebanyak 30 orang menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan valid dan reliabel. Melalui perhitungan uji F diperoleh hasil F hitung lebih besar daripada F tabel yakni 24.230 >2.11 sehingga Ha1 diterima atau terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara bauran pemasaran (X) terhadap kepuasan konsumen (Y). Melalui perhitungan uji t diketahui bahwa variabel produk (X1), variabel harga (X2), variabel tempat (X4) tidak memberikan pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) dalam hal ini Ha ditolak. Sedangkan variabel tempat (X3), variabel orang (X5), variabel proses (X6), dan variabel bukti fisik (X7) memberikan pengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) dalam hal ini Ha xiii 2 diterima. Melalui uji korelasi Product Moment dari Pearson, variabel bukti fisik (X7) memiliki hubungan yang kuat atau paling kuat diantara variabel lain terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,687. Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas pendukung (seperti dekorasi, spot foto, serta jejak-jejak mengenai tokoh Raminten) yang menarik perhatian konsumen dan tidak akan ditemukan di tempat lain.Dari Uji Dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat adalah sebesar 62,2% sisanya 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yakni daya saing usaha bisnis boga dengan para kompetitor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101239
Uncontrolled Keywords: kuantitatif, restoran, bauran pemasaran, kepuasan konsumen.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:58
Last Modified: 28 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item