Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taru Martani 1918 Coffee & Resto

Bodoi, Milka Julia (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taru Martani 1918 Coffee & Resto. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI, MILKA JULIA BODOI, 318101340, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (12MB)
[img] Text
SKRIPSI, MILKA JULIA BODOI, 318101340, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI, MILKA JULIA BODOI, 318101340, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dikarnakan padatnya pengunjung membuat pelayanan di Taru Martani membutuhkan perbaikan di sistem efesiensi waktu. Hal ini lah yang membuat peneliti ingin melihat kualitas pelayanan yang ada di Taru Martani 1918 Coffee & Resto serta mengkorelasikannya dengan loyalitas pelanggan, dan memutuskan menyusun skripsi ini dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taru Martani 1918 Coffee & Resto”. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Apakah ada pengaruh secara simultan antara varibel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. 2) Apakah ada perngaruh secara parsial antara komponen X1 (tangible), X2 (reliability), X3 (responsiveness), X4 (empathy), dan X5 (assurance) terhadap variabel terikat Y (loyalitas pelanggan). Teknik pengambilan sampel secara random dari seluruh populasi sebanyak 102 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu atau purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis linear berganda yang mencakup uji t, uji F, uji korelasi dan uji determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Taru Martani 1918 Coffee & Resto, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji F simultan juga diperoleh F hitung >F tabel (131.890)>(2.31) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka Ha1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan dibuktikan dengan uji r (korelasi) didapatkan r hitung >r tabel , untuk hubungan tangible dengan loyalitas pelanggan bernilai 0.366 yang dapat diartikan berkorelasi lemah, untuk hubungan reliability dengan loyalitas pelanggan bernilai 0.750 yang dapat diartikan berkorelasi kuat, untuk hubungan responsiveness dengan loyalitas pelanggan bernilai 0.832 yang dapat diartikan berkorelasi kuat, untuk hubungan empathy dengan loyalitas pelanggan bernilai 0.824 yang dapat diartikan berkorelasi kuat, dan untuk hubungan assurance dengan loyalitas pelanggan bernilai 0.659 yang dapat diartikan berkorelasi moderat, Maka Ha2 diterima. Nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 86,6% sedangkan sisanya 13,4% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak peneliti jelaskan pada penelitian ini, seperti aksesibilitas, amenitas, dan lain - lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101340
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Taru Martani 1918 Coffee & Resto.
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item