Strategi Pemasaran Warung Jadah Tempe Mbah Carik

Fadlilah, Rizki Eka (2022) Strategi Pemasaran Warung Jadah Tempe Mbah Carik. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap daerah Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya pasti memiliki makanan khas masing-masing. Salah satunya yang bisa di temui di Yogyakarta adalah panganan jadah tempe. Salah satu penjual jadah tempe yang terkenal adalah warung makan Jadah Tempe Mbah Carik. Warung Jadah Tempe Mbah Carik sudah memiliki lima cabang yang tersebar di Yogyakarta. Namun dengan membuka cabang baru mempunyai banyak sekali rintangannya seperti munculnya pesaing-pesaing baru. Memaksimalkan strategi pemasaran sangatlah penting karena ketika sebuah usaha dikenal konsumen serta memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki pelanggan maka akan mempengaruhi tingkat penjualan perusahaan karena semakin dikenal banyak pelanggan yang membeli di tempat usaha tersebut. Oleh karena itu perusahaan perlu mengatur strategi baru untuk meningkatkan penjualannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Warung Jadah Tempe Mbah Carik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif, yang terdiri dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Hasil penelitian terkait dengan analisis strategi S-O dengan mempertahankan cita rasa jadah tempe mbah carik, merenovasi outlet menjadi lebih bagus, mempertahankan harga tanpa mengurangi kualitas produk, Menggencarkan promosi melalui media dengan memanfaatkan influencer yang datang ke jadah tempe mbah carik. Terkait analisis strategi W-O dengan membuat kemasan vacum agar produk dapat bertahan lebih lama dan bisa dijadikan oleholeh. Membuka cabang ditempat strategis agar banyak dikunjungi wisatawan. Memberikan harga tertentu pada produk yang sesuai dengan kualitas. Melakukan promosi dengan mengundang influencer dan melakukan promosi melalui media sosial maupun media cetak. Terkait analisis strategi S-T mempertahankan cita rasa jadah tempe mbah carik sebagai daya tarik tersendiri. Mendaftarkan nama jadah tempe mbah carik sebagai hak paten. Mempertahankan harga jual tanpa menurunkan kualitas produk walaupun harga bahan baku tidak stabil, Mempromosikan ke sosial media agar semakin dikenal. Strategi W-T dengan membuat kemasan vacum agar lebih tahan lebih lama. Melakukan renovasi warung agar terlihat lebih menarik perhatian pelanggan. Melakukan promosi baik melalui media sosial maupun secara langsung. Melakukan penambahan karyawan, memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai SOP pembuatan produk yang baik dan benar agar rasanya tetap konsisten.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101181
Uncontrolled Keywords: Startegi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7p, Analisis SWOT.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:21
Last Modified: 30 Mar 2023 04:21
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item