Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Kusuma, Geo Pratama Puja (2022) Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (696kB)

Abstract

Museum merupakan institusi permanen yang melayani kebutuhan publik dengan sifat terbuka dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonversi, meriset, memberikan informasi dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan dan kesenangan atau rasa ingin tahu. Selain itu, museum juga memiliki fungsi pengelolaan benda museum yang memiliki nilai budaya ilmiah meliputi koleksi pengembangan dan bimbingan edukatif kultural serta pelayanan pustaka. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh data berkaitan dengan kualitas pelayanan. Variabel yang diukur adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Untuk menentukan sample, menggunakan Purposive Sampling. Adapun pupulasi dari penelitian ini adalah pemandu wisata, pengelola museum dan wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini menganalisis data dengan cara membandingkan kesimpulan yang ditarik berdasarkan jawaban wisatawan dengan hasil wawancara terhadap pemandu wisata dan pengelola. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan di Museum Sonobudoyo sudah dianggap baik oleh wisatawan dengan rata-rata nilai pada skala 4 menunjukkan respon pengunjung didominasi pada tingkatan puas. Disamping itu, ditemukan bahwa dalam kepedulian terhadap wisatawan (variabel empathy) sebenarnya dapat dikatakan cukup karena mayoritas ada pada skala 3, perlu ada upaya peningkatan kualitas pelayanan pada kepedulian terhadap wisatawan (variabel empathy) yang harus dilakukan agar mendapatkan persepsi yang baik, akan tetapi keunggulan pada variabel pengutamaan keinginan pengunjung (variabel empathy) mampu menutupi kekurangan tersebut sehingga wisatawan atau pengunjung tetap merasa puas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100525
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi Wisatawan, Museum
Subjects: Science > Archeology > Museum
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Perception
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:38
Last Modified: 05 Apr 2023 02:38
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item