Strategi Promosi Sebagai Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Tamansari Pada Masa New Normal

., Ismail (2022) Strategi Promosi Sebagai Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Tamansari Pada Masa New Normal. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tamansari Yogyakarta merupakan jenis wisata budaya yang sangat di gemari kunjungan wisatawan di kota Yogyakarta. Keberadaan Tamansari Yogyakarta tentunya sangat berpengaruh terhadap upaya strategi promosi yang dilakukan untuk menarik wisatawan. Berbagai macam cara strategi yang dilakukan seperti melalui media cetak maupun elektronik. Selain itu terdapat kegiatan pameran langsung di Tamansari Yogyakarta sebagai bentuk promosi wisata Tamansari Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Tamansari Yogyakarta yang bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi apa yang dilakukan oleh pengelola Tamansari dalam mempromosikan wisata Tamansari Yogyakarta. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil judul “Strategi Promosi Sebagai Upaya Peningkatan Kunjugan Wisatawan di Tamansari Pada Masa New Normal”. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitan ini sebanyak enam orang yang terdiri dari satu orang pengelola Tamansari Yogyakarta dan lima orang wisatawan yang melakukan kegiatan wisata di Tamansari Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data untuk merangkum kesimpulan dari strategi sebagai upaya peningkatan kunjungan wisatawan di Tamansari pada masa New-normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola Tamansari Yogyakarta adalah menggunakan konsep bauran promotion mix. Hal ini bertujuan agar kegiatan promosi yang dilakukan bisa maksimal. Adapun konsep bauran promotion mix yang diterapkan adalah Advertising (periklanan) memanfaatkan media cetak dan eletronik sebagai media promosi, Public Relations (humas) aktivitas dan dukungan masyarakat untuk mensukseskan promosi, Sales Promotion (promosi penjualan) dengan memberikan voucer diskon kepada wisatawan dan Personal selling yaitu dengan memanfaatkan kemampuan pramuwisata dalam memberikan informasi kepada wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Tamansari Yogyakarta memanfaatkan promotion mix sebagai media untuk berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100563
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Promotion Mix, Wisata Tamansari
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing Strategy Test
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:48
Last Modified: 05 Apr 2023 04:48
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item