Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Gamplong Studio Alam Sleman Yogyakarta

Mungfingah, Mungfingah (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Gamplong Studio Alam Sleman Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (719kB)

Abstract

Pengembangan industri pariwisata mempunyai peran penting untuk memotivasi pembangunan daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus mengupayakan untuk mengembangkan daya tarik wisata di suatu daerah yang ada. Wisatawan yang berkunjung ke suatu objek wisata ditentukan oleh motivasi dan keinginan individu sendiri (faktor pendorong) serta adanya daya tarik (faktor penarik) yang ditawarkan suatu objek wisata. Selain mendapatkan julukan Mini Hollywood-nya jogja Gamplong Studio Alam merupakan tempat syuting berbagai film. Berbagai bangunan semi permanen tempo dulu menjadikan tempat ini daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi wisatawan berkunjung ke Gamplong Studio Alam Sleman. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel independent fektor penarik (X1), faktor pendorong (X2) dan variabel dependent keputusan berkunjung (Y). Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitan ini adalah teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 100 responden dengan kriteria. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji resgresi linear berganda, uji t, dan uji R square (R xvi 2 ). Berdasarkan hasil uji f dilihat pada nilai F-hitung sebesar 7,826 dan nilai F-tabel =f (k;n-k), F = (2;100-2), F-tabel = (2;98) = 3,089, sehingga nilai F-hitung > F-tabel atau 7,826 > 3,089. dengan demikian menunjukkan bahwa faktor penarik dan faktor pendorong memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatwan ke Gamplong Studio Alam Sleman. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa faktor penarik (X1) lebih dominan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini dibuktikan dengan nilai coefisien beta antara faktor penarik dan pendorong sebesar (0,241>0,199) dengan demikian Ha2 diterima. Nilai R Square sebesar 0,833 yang berarti bahwa variabel bebas faktor penarik (X1) dan faktor pendorong (X2) berpengaruh sebesar 83% terhadap variabel terkait keputusan berkunjung (Y).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 418100570
Uncontrolled Keywords: Faktor Penarik, Faktor Pendorong, Keputusan Berkunjung
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:34
Last Modified: 10 Apr 2023 01:34
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item