Upaya Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Lokal Pada Daya Tarik Wisata Kotagede Yogyakarta

Melly, Nelby (2022) Upaya Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Lokal Pada Daya Tarik Wisata Kotagede Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
NELBY MELLY, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
NELBY MELLY, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
NELBY MELLY, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Upaya Peningkatan Kualitas Pemandu Wisata Lokal Pada Daya Tarik Wisata Kotagede Yogyakarta ini berlokasi di Kawasan cagar budaya kotagede yang beralamat di Basen, Kel. Purbayan, Kec. Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini mencakup : (1) mengetahui kendala apa sajakah yang dihadapi oleh pemandu wisata lokal di daya tarik wisata Kotagede Yogyakarta, dan (2) mengetahui bagaimana cara mengatasi kendala dalam pemandu di daya tarik wisata Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan studi Pustaka. Partisipan atau informan sebagai sumber data penelitian sebanyak 5 (lima) pihak yang terdiri dari Ketua HPI Bantul, Pemandu Wisata dan Wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemandu wisata yang ada di Kotagede memiliki beberapa kendala seperti keluhan yang dialami selama proses pemanduan, cara mengatasi kendala tersebut dengan memberikan pelayanan yang baik misalnya mengatur waktu kunjungan di tempat-tempat dimana wisatawan kurang merasa nyaman. Faktor penghambat pemanduan kurangnya pemandu lokal yang tidak bisa berbahasa asing. Hal ini perlu perhatian bagi guide maupun pihak HPI untuk mengadakan pembinaan harus mempunyai pengetahuan lebih dan menguasai bahasa asing dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 421200191
Uncontrolled Keywords: Kawasan Cagar Budaya, Pelayanan, Pemandu Wisata Lokal
Subjects: Tourism
Tourism > Tourism Attraction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:48
Last Modified: 10 Apr 2023 01:48
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item