Pengaruh Kualitas Pelayan dan Harga Terhadap Kepuasan Penumpang Shuttle Transportasi Bandara Yogyakarta Internasional Airport (Studi Kasus Pada Penumpang Satelqu)

Letto, Paulus Dasi (2022) Pengaruh Kualitas Pelayan dan Harga Terhadap Kepuasan Penumpang Shuttle Transportasi Bandara Yogyakarta Internasional Airport (Studi Kasus Pada Penumpang Satelqu). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi, Paulus Dasi Letto, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi, Paulus Dasi Letto, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi, Paulus Dasi Letto, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia pariwisata akan selalu berkembang dan berinovasi, dimana pariwisata merupakan salah satu sektor pendapatan devisa tertinggi untuk negara Indonesia. Segala faktor pendukung dioptimalkan, seperti pemerintah dan pihak swasta bersama-sama meningkatkan tingkat kepuasan wisatawan. Transportasi merupakan salah satu faktor pendukung di dalam pariwisata khususnya di Bandar udara, karena sebagai moda perpindahan dari titik penjemputan sampai titik tujuan. Hal ini menyebabkan banyaknya layanan transportasi yang tersedia dan meningkatkan persaingan, salah satunya SatelQu. Kualitas pelayanan dan harga menjadi prioritas kepuasan bagi penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara signifikan dan untuk mengetahui diantara kedua variabel bebas yang mempengaruhi secara dominan terhadap Kepuasan Penumpang (Y) layanan transportasi SatelQu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan instrumen penelitian kuesioner sebanyak 100 responden penumpang SatelQu dengan mengisi pernyataan kuesioner melalui google form, wawancara penumpang SatelQu dan Kepala Cabang PT Keren Trasindo Sejahtera, dan melalui dokumentasi. Data dalam penelitian ini telah memenuhi uji kelayakan instrumen dan variabel dengan bantuan analisis data, yaitu analisis linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R ), yang diolah melalui program SPSS statistic versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara signifikan mempengaruhi Kepuasan Penumpang (Y), berdasarkan uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 74,881 lebih besar dari F sebesar 3,09 artinya Ha 1 diterima. Uji T menunjukkan t hitung xv tabel Harga 5,882 lebih besar dari t Kualitas Pelayanan 3,758, artinya Ho 2 diterima dan Harga sangat berpengaruh terhadap Kepuasan Penumpang dibandingkan Kualitas Pelayanan. Uji koefisien determinasi pada penelitian ini mengindikasikan nilai R 2 adalah 0,593 yang artinya variabel bebas Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat Kepuasan Penumpang (Y) dengan nilai sebesar 59,3%, dan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100461
Uncontrolled Keywords: transportasi, kualitas pelayanan, harga, kepuasan penumpang, Bandara Yogyakarta Internasional Airport
Subjects: Transportation > Airplane > Airport
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Transportation
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:54
Last Modified: 10 Apr 2023 01:54
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item