Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Turindo Tour & Travel Yogyakarta

Khairunnisa, Lathifah (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Turindo Tour & Travel Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Lathifah Khairunnisa, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Lathifah Khairunnisa, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Lathifah Khairunnisa, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan biro perjalanan wisata berpeluang besar untuk menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan. Peran biro perjalanan yaitu untuk memenuhi kebutuhan dan menciptakan kepuasan perjalanan konsumen. Kepuasan konsumen akan tercipta jika apa yang diharapkan sebanding dengan yang didapatkan. Adapun faktor untuk menciptakan kepuasan konsumen, diantaranya pelayanan, fasilitas, produk, harga, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen Turindo Tour & Travel Yogyakarta, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan variabel bebas yaitu kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), harga (X3) dan variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan purporsive sampling, artinya pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan atau kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengambilan data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen, dan dilakukan analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis menggunakan uji F (simultan), uji T (parsial), dan uji determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan analisis regresi linear berganda yaitu Y = -2,138 + 0,248 X1 + 0,166 X2 + 0,391 X3 , pada uji F secara simultan didapatkan Fhitung (51,112) > Ftabel (2,70) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ha1 diterima, artinya variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan jika perusahaan biro perjalanan wisata memiliki pelayanan yang baik, produk yang sesuai dan harga yang terjangkau akan menciptakan kepuasan konsumen secara maksimal. Hasil uji T secara parsial didapatkan variabel kualitas pelayanan (X1) adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan Thitung (4,492) > Ttabel (1,984) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 , maka Ha2 diterima, artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen akan memandang baik ketika diberikan awal pelayanan yang baik. Jika pelayanan yang diberikan baik, ramah, informasi yang disampaikan sesuai dan akurat akan menjadikan konsumen merasakan kepuasan ketika menggunakan jasa di Turindo Tour & Travel. Pada nilai Adjusted R Square didapatkan sebesar 0,603. Artinya pengaruh variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 60,3%, sedangkan 39,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100715
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Biro Perjalanan Wisata
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Economy > Marketing > Price, Cost, Value
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Travel > Travel Agent
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:30
Last Modified: 10 Nov 2023 07:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item