Pengaruh Kualitas Pelayanan Local Guide terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Vredeburg Yogyakarta

Pasaribu, Ruth Sriherta (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Local Guide terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Vredeburg Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Ruth Sriherta Pasaribu, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ruth Sriherta Pasaribu, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Ruth Sriherta Pasaribu, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan local guide merupakan faktor penting dalam sebuah wisata budaya seperti Museum. Local guide yang berperan sebagai subyek untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung sehingga kualitas pelayanan dari local guide berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan local guide terhadap kepuasan wisatawan di Museum Vredeburg Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel independen kualitas pelayanan (X) dan varibael dependen kepuasan wisatawan (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengambilan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan wisatawan yang menggunakan jasa local guide. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan uji R square (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan analisis regresi linear berganda yaitu Y = 3.681 + 0.383 + 0.390 + 0.283 + 0.271 + 0.186, pada uji F secara simultandidapatkan ?ℎ31.354 > 2.47. dengan tingkat signifikansi 0.000 > 0.05. Sehingga Ha1 diterima, artinya faktor tangibles, reliability, assurance, responsiveness dan emphaty secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hasil uji T secara parsial didapatkan variabel reability (X2) adalah variabel paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan (Y) dengan ?ℎ2.330 > 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,022 < 0,05, maka Ha2 diterima, artinya variabel reability berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan wisatawan. Pada nilai Adjusted R Square didapatkan sebesar 0,605 yang berarti bahwa variabel bebas kualitas pelayanan (X) berpengaruh sebesar 60,5% terhadap variabel terikat kepuasan wisatawan (Y). Sedangkan 39,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100649
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Local guide, Kepuasan wisatawan
Subjects: Tourism > Historical / Heritage Tourism
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2023 03:08
Last Modified: 11 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item View Item