Omitha, Nupus (2023) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Sungai Hijau, Kabupaten Kampar, Riau. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
Text
Nupus Omitha, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
Nupus Omitha, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Nupus Omitha, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Citra merek (brand image) merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Tingginya tingkat persaingan, membuat konsumen memiliki sebuah sikap terhadap sebuah merek (brand). Destinasi wisata yang memiliki citra yang positif, akan lebih meyakinkan konsumen untuk melakukan sebuah kunjungan. Sungai Hijau sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat popular di Kabupaten Kampar selalu berupaya mempertahankan dan meningkatkan segala aspek yang penting agar wisatawan mau datang berkunjung. Dalam penelitian ini, variabel bebas (X) yang digunakan yaitu brand image yang terdiri dari product attribute, consumer benefits, dan brand personality, sedangkan variabel tidak terikat (Y) yang digunakan yaitu keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan non probality sampling berupa random sampling dengan banyaknya responden berjumlah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel product attribute (x1), consumer benefits (x2), dan brand personality (x3) terhadap keputusan berkunjung wisatawan (y). Dimana berdasarkan hasil perhitungan hipotesis secara simultan yang menunjukkan bahwa diperoleh nilai F.hitung > F.tabel diperoleh 56,854 > 2,69 yang berarti positif dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Variabel brand personality (x3) merupakan variabel bebas yang paling berpengaruh secara dominan terhadap variabel terikat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai t.hitung 4,055 > t.tabel 1,985 sedangkan X1nilai Sig sebesar 0,09 < 0,05 dan nilai t.hitung 2,665 > t.tabel 1,985. X2 nilai Sig sebesar 0,162 > 0,05 dan nilai t.hitung 1,410 < t.tabel 1,985. Sedangkan hasil dari Adjusted R Square pada penelitian ini sebesar 0,599. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa 59,9 % keputusan berkunjung (Y) di pengaruhi oleh product attributes (X1), consumer benefits (X2), dan brand personality (X3). Sedangkan sisanya yaitu sebesar 40,1 % (100% - 59,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101281 |
Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Keputusan Berkunjung |
Subjects: | Tourism Tourism > Ecotourism Tourism > Visitation > Visit Decision |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 03:33 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 03:33 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2130 |
Actions (login required)
View Item |