Pengaruh Produk Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Megista, Reyna Putri (2023) Pengaruh Produk Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Reyna Putri Megista, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Reyna Putri Megista, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Reyna Putri Megista, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Museum Benteng Vredeburg dengan menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang pernah mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan dan parsial variabel produk wisata (atraksi, amenitas, aksesibilitas) terhadap minat kunjungan wisatawan, serta variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi minat kunjungan wisatawan. Melalukan uji pilot test kepada 30 responden. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner atas dimensi produk wisata (atraksi, amenitas, aksesibilitas) telah memenuhi syarat dibuktikan dengan nilai r lebih besar dari r tabel 0,361, maka instrument yang digunakan telah memenuhi syarat. Hasil olah data SPSS diperoleh nilai sebesar 0,074 dengan nilai signifikan sebesar 0,200. Berdasarkan hasil output, nilai F hitung 28,467 lebih besar dari nilai F tabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil nilai Adjusted R Square sebesar 0,454 atau 45,4%. Hasil nilai uji t menyebutkan nilai signifikan variabel atraksi sebesar 0,001 nilai t hitung 3,349, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.503. Variabel amenitas nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai t hitung 4,043, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.598. Variabel aksesibilitas nilai signifikansi sebesar 0,606, t hitung 0,517, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,105. Hasil data penelitian ini menyebutkan bahwa nilai uji One Sample Test berdistribusi normal. Pada uji hipotesis secara simultan, semua variabel dalam produk wisata berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Pada uji hipotetsis secara parsial, variabel atraksi dan amenitas berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan, sedangkan variabel aksesibilitas tidak berpengeruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi minat berkunjung wisatawan adalan variabel amenitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519101207
Uncontrolled Keywords: Produk wisata, Minat kunjungan wisatawan, Museum
Subjects: Tourism
Tourism > Educational Tours
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:47
Last Modified: 03 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item