Perilaku Wisatawan dalam Pengambilan Keputusan pada Pembelian Produk Handicraft di Sadean Concept Store Yogyakarta

Salsabila, Safira (2023) Perilaku Wisatawan dalam Pengambilan Keputusan pada Pembelian Produk Handicraft di Sadean Concept Store Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Safira Salsabilla, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Safira Salsabilla, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Safira Salsabilla, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Potensi pariwisata di Yogyakarta sangat lekat dengan daya tarik budaya dan seninya, hal ini erat berkaitan dengan produk-produk ekonomi kreatif yang menciptakan produk-produk utama seperti craft, kuliner dan fashion Industri kreatif yang berkembang pesat ini memancing tumbuhnya Art Shop hingga pusatpusat kerajinan yang menjual produk kreatif UMKM, salah satunya ialah Sadean Concept Store yang menjadi rumah kurasi dan wadah bagi 70 lebih local hand crafter yang menciptakan produk kerajinan karya anak muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi-dimensi perilaku konsumen seperti faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk local handicraft pada Sadean Concept Store. Untuk mengetahui dari dimensi-dimensi tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk local handicraft pada Sadean Concept Store. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling berupa accidental sampling, peneliti menentukan sampel jumlah responden dengan menggunakan rumus moe dengan hasil perhitungan 96,04 yang dibulatkan menjadi 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel fakor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), faktor psikologis (X4) terhadap keputusan konsumen (Y) pembelian produk local handicraft pada Sadean Concept Store Yogyakarta, dimana berdasarkan hasil perhitungan hipotesis secara simultan yang menunjukan bahwa diperoleh nilai Fhitung>Ftabel diperoleh 44,293 > 2,47 yang berarti positif dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Variabel faktor psikologis (X4) merupakan variabel bebas yang paling berpengaruh dominan terhadap variabel terikat. Hal ini ditunjukan dengan ada pengaruh positif dan signifikan berdasarkan uji t/Parsial diberoleh thitung lebih besar dari ttabel (5, 688 > 1,985), tingkat signifikan faktor psikologis 0,000 < 0,05. Dan nilai koefisien beta faktor psikologis (X4) sebesar 0, 428 lebih besar dari koefisien beta faktor budaya (X1) 0,100, faktor sosial (X2) sebesar 0,84, dan faktor pribadi (X3) sebesar 0,84. Dengan demikian hipotesis Ho2 ditolak dan Ha2 diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519101248
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Kreatif, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Subjects: Tourism
Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Decision
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Behavior
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:39
Last Modified: 03 Sep 2024 04:39
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item