Strategi Pengembangan Pantai Kawona dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Sumba Barat Daya

Nono, Serliana Ursula (2023) Strategi Pengembangan Pantai Kawona dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Sumba Barat Daya. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Serliana Ursula Nono, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Serliana Ursula Nono, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Serliana Ursula Nono, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di destinasi wisata Pantai Kawona, Desa Kadi Pada, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pengembangan yang tepat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang dapat diterapkan pada Pantai Kawona. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Untuk Teknik cuplikan menggunakan Teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini diartikan sebagai orang yang paling tahu mengenai apa yang dibutuhkan untuk peneliti sehingga akan memudahkan peneliti dalam meneliti objek yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk strategi pengembangan Pantai Kawona dalam meningkatkan kunjungan wisatawan berdasarkan strategi SO (Strenghts-Opportunity) diantaranya memanfaatkan kekuatan peluang agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Strategi yang dilakukan yaitu memanfaatkan kelebihan dan keunggulan dengan mengembangkan potensi yang ada dengan menyediahkan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan seperti penyewaan perahu,alat untuk snorkling dan diving, rumah makan, toko souvenir, toilet, spot foto dan kotak sampah dan menata kembali Pantai Kawona dengan memperbaiki serta mengadakan fasilitas yang belum ada serta memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dengan membuat akun khusus promosi Pantai Kawona baik facebook, instgram dengan fitur hastag, instagram stories, foto, repost , comment , dan mention serta pembuatan channel youtobe dengan tujuan agar lebih dikenal dan strategi pengembangan dalam bidang promosi semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519101135
Uncontrolled Keywords: Destinasi Wisata, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT
Subjects: Tourism
Tourism > Tourism Destination
Tourism > Tourism Development
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2024 05:19
Last Modified: 23 Sep 2024 05:19
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item