Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Kamar di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta

Nurhidayah, Reni (2017) Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Kamar di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (297kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan kamar dan untuk mengetahui variabel promosi mana yang paling berpengaruh terhadap tingkat penjualan kamar. Jenis penelitian ini melalui penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap tingkat penjualan kamar di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta mengenai promosi yaitu personal selling, advertising, sales promotion, public relation apakah memiliki pengaruh secara simultan terhadap tingkat penjualan kamar? Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, metode pencarian data dilakukan dengan dokumentasi menggunakan analisis regresi linier berganda melalui Uji F dan Uji T. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 bulan atau selama periode tahun 2015 - 2016, penentuan sampel yaitu penjualan kamar selama 2 tahun Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi selama 2 bulan di sales & marketing department, study pustaka dan dokumentasi. Hasil analisa menjelaskan bahwa tingkat penjualan kamar dipengaruhi oleh promosi, ditinjau dari hasil pengujian koefisien regresi secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 6,858 > Ftabel sebesar 2,90, artinya personal selling, , advertising, sales promotion, public relation berpengaruh secara simultan terhadap tingkat penjualan kamar. Pada pengujian koefisien regresi secara parsial diperoleh nilai personal selling dengan Thitung 3,174, advertising dengan Thitung 0,560, sales promotion dengan Thitung 3,365, public relation dengan Thitung 0,920, hasil perhitungan menunjukkan nilai yang personal selling dan sales promotion lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 2,630, advertising dan public relation lebih kecil dari nilai Ttabel artinya variabel personal selling dan sales promotion berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel tingkat penjualan kamar dibandingkan dengan variabel advertising, public relation berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap tingkat penjualan kamar. Dari hasil output SPSS nilai koefisiensi determinasi atau Adjusted R sebesar 0,505 atau 50,5%. Hal ini berarti variabel yang diteliti (promosi) memberikan pengaruh terhadap tingkat penjualan kamar di Harper Mangkubumi Hotel Yogyakarta sebesar 50,5% sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kata kunci : promosi, personal selling, advertising, sales promotion, public relation, tingkat penjualan kamar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 316200314
Uncontrolled Keywords: promosi, personal selling, advertising, sales promotion, public relation, tingkat penjualan kamar.
Subjects: Marketing > Marketing Strategy > Level of Sales
Marketing > Marketing Strategy > Promotion
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:53
Last Modified: 07 Jul 2020 03:24
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item