Novitasari, Mila (2021) Persepsi Wisatawan Terhadap Sarana Penunjang Protokol Kesehatan Terhadap Keamanan dan Kenyamanan Berwisata di Destinasi Heha Sky View. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (962kB) |
Abstract
Destinasi wisata HeHa Sky View merupakan destinasi wisata buatan yang memiliki banyak daya tarik seperti beragam spot foto yang insatagramable, restoran, serta berbagai hiburan lainnya. Sarana wisata merupakan salah satu unsur penting pembentuk produk wisata yang memiliki peran sebagai penunjang kemudahan dan kenyamanan untuk wisatawan terlebih pada masa pandemi Covid19, sarana penunjang protokol kesehatan menjadi salah satu unsur yang perlu diperhatikan demi rasa aman dan nyaman pengunjung pada saat berkunjung. Maka dari itu persepsi wisatawan terhadap sarana penunjang protokol kesehatan terhadap keamanan dan kenyamanan berwisata di destinasi HeHa Ssky View perlu diketahui untuk masukan kepada pelaku usaha dalam kebijakan penyedia sarana dan wisatawan sebagai calon pengunjung berikutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dengan purposive sampling berjumlah satu orang yaitu pengelola HeHa Sky View dan sampling insedental berjumlah lima puluh satu wisatawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa sarana penunjang protokol kesehatan yang disediakan HeHa Sky View mendapatkan respon positif, berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner respon wisatawan didominasi dengan wisatawan yang menyatakan setuju dan sangat setuju dengan pernyataan mengenai sarana penunjang protokol kesehatan yang disediakan HeHa Sky View baik, memenuhi syarat, sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman berwsiata di masa pandemi Covid-19. Namun hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat kendala yang dialami wisatawan terkait adanya antrian yang panjang pada saat hendak mencuci tangan di pintu masuk dan di loket pembelian tiket. Hal-hal ini dapat dijadikan masukan untuk destinasi wisata HeHa Sky View sebaiknya dapat menambah jumlah unit tempat cuci tangan dan area loket pembelian tiket agar tidak terjadi antrian yang panjang sehingga wisatawan yang berkunjung dapat selalu merasa aman dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 517100808 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Wisatawan, Sarana Penunjang Protokol Kesehatan, Keamanan dan Kenyamanan |
Subjects: | Health > Public Health > Health, Safety, Job Safety and The Environment Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Perception |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:20 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:20 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
View Item |