Strategi Edukasi Berbasis Wisata Museum (Studi Kasus di Museum Balanga, Kalimantan Tengah)

Dwitiasty, Andhita (2019) Strategi Edukasi Berbasis Wisata Museum (Studi Kasus di Museum Balanga, Kalimantan Tengah). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi edukasi berbasis wisata museum yang ada di Museum Balanga. Studi kasus ini dilakukan di Museum Balanga ini terletak di Jalan Tjilik Riwut km 2,5 tidak jauh dari Bundaran Besar Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan studi fenomenologi. Fenomenologi berupa studi yang mempelajari tentang adanya fenomena seperti hal yang muncul dalam pengalaman kita, cara kita mengalami sesuatu, dan juga pengalaman dari wisatawan. Aspek ini menyangkut pendapat, penilaian, perasaan, harapan, serta respons subjektif lainnya dari subjek penelitian berkaitan dengan pengalamannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara kepada Kepala UPT Museum Balanga serta pihak terkait, dan wisatawan serta dokumentasi objek penelitian. Dengan adanya strategi edukasi yang ada di Museum Balanga ini akan berpengaruh terhadap kunjungan, memberikan manfaat kepada wisatawan, memberikan wawasan dan pengetahuan kepada wisatawan dari kalangan Sekolah Dasar sampai wisatawan umum lainnya, dan juga wisatawan asing. Beberapa koleksi barang-barang koleksi, fasilitas penunjanng lainnya, dan pelayanan di Museum Balanga sudah menunjang pihak museum dalam menyampaikan informas i kepada wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 514100366
Uncontrolled Keywords: Museum Balanga, Strategi Edukasi, Wisata Museum
Subjects: Education
Science > Archeology > Museum
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:43
Last Modified: 05 Jan 2022 02:43
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item