Khoironi, Ayyu (2019) Eksistensi Pasar Kaki Langit Sebagai Digital Destination dan Millennial Friendly Tourism. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
cover-bab 1 AYYU KHOIRONI 2019_opt_opt.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 2- bab 4, AYYU KHOIRONI,, 2019_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
bab 5, AYYU KHOIRONI,, 2019_opt.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pasar Kaki Langit merupakan role model dan sebagai pasar digital pertama di D.I Yogyakarta yang tentunya memiliki predikat sebagai digital destination dan millennial friendly tourism. Pasar Kaki Langit ini dibangun dengan mengangkat kuliner khas setempat, permainan tempo dulu dan partisipasi masyarakat lokal serta dipromosikan dengan gencar oleh Genpi Jogja di media sosial. Dalam kurun waktu 1 tahun, Pasar Kaki Langit mampu menjadi destinasi unggulan yang ditunjukan dengan meningkatnya kunjungan dan total belanja wisatawan. Namun, hingga saat ini belum terdapat data secara akurat terkait karakter pasar wisata serta faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi Pasar Kaki Langit sebagai digital destination dan millennial friendly tourism serta untuk merumuskan arahan pengembangan untuk menentukan target pasar milenial yang ditentukan berdasarkan konsep segmenting, targeting, dan positioning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi literatur. Berdasarkan kuesioner ditemukan bahwa media online belum dominan dalam memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Pasar Kaki Langit. Kemudian ditemukan bahwa selain pasar milenial, pasar potensial yang dapat menjadi target Pasar Kaki Langit adalah Generasi X. Hal tersebut ditunjukkan dengan kunjungan wisatawan keluarga yang dominan dan konsep yang diangkat Pasar Kaki langit, sehingga tidak menutup kemungkinan Generasi X menjadi pasar yang bisa dikembangkan sebagai alternatif untuk bernostalgia. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya promosi yang dapat dilakukan melalui video promosi dengan menggunakan endorser yang berkaitan dengan temuan target pasar dari Pasar Kaki Langit. Kemudian video promosi tersebut dapat disebarluaskan pada daerah asal wisatawan yang potensial melalui promote Instagram. Selain itu, untuk pasar Generasi X dapat dilakukan dengan penyebaran informasi di grup alumni, Ibu-Ibu PKK, maupun tempat kerja.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 517200092 |
Uncontrolled Keywords: | destinasi digital, pasar digital, millennial friendly tourism,segmenting, targeting, dan positioning, media online. |
Subjects: | Tourism Social Media |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:47 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 04:46 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/517 |
Actions (login required)
View Item |