Retensi Pelanggan (Wisatawan) Terhadap Daya Tarik Pewarna Alami Indigo Pada Batik Di Gamaindigo Natural Dye Yogyakarta

Larasati, Sekar Beta (2019) Retensi Pelanggan (Wisatawan) Terhadap Daya Tarik Pewarna Alami Indigo Pada Batik Di Gamaindigo Natural Dye Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER- BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2-BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5- LAMPIRAN_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Retensi Pelanggan (Wisatawan) Terhadap Daya Tarik Pewarna Alami Indigo pada Batik di Gamaindigo Natural Dye Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan oleh Gamaindigo Natural Dye untuk mempertahankan / menjaga / meningkatkan retensi pelanggan. Mengetahui faktor-faktor yang dapat mempertahankan / menjaga / meningkatkan retensi pelanggan (wisatawan) diharapkan mampu memberikan solusi terhadap Gamaindigo Natural Dye selaku pembisnis pewarna alami dalam pengembangan dan merancang strategi yang tepat untuk kedepannya. Adapun empat faktor yang diteliti sebagai fokus dalam upaya mempertahankan / menjaga / meningkatkan retensi tersebut yaitu kualitas produk, diversifikasi produk, sarana dan prasarana pemasaran, dan public relation. Responden penelitian ini adalah pelanggan yang berada pada usia 21 tahun - >50 tahun untuk menjawab kuesioner, observasi, dan wawancara terstruktur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pelanggan Gamaindigo Natural Dye Yogyakarta didominasi oleh wirausaha dan melakukan pembelian dikarenakan puas dengan kualitas yang diberikan. Hal ini dijamin dikarenakan penggunaan pewarna alam indigo dalam proses pencelupannya berupa bubuk indigo yang sudah melewati riset dan dipatenkan oleh UGM. Sehingga menjadikannya dosis pasti, tersedia dalam kapasitas besar, murah, berkualitas, dan praktis. Kemudahan dalam membeli produk juga menjadikan kepuasan pelanggan dalam proses pembelian. Perluasan media dalam pemasaran berupa e-commerce diharapkan produk-produk Gamaindigo Natural Dye lebih mudah dijangkau oleh pelanggan. Publikasi dan promosi adalah faktor yang cukup penting dan berpengaruh untuk menjaga retensi pelanggan maupun calon pelanggan. Strategi perencanaan konsep pemasaran dalam media yang digunakan contohnya mempromosikan produk-produk baru yang ditawarkan, memaparkan proses pembuatan produk, filosofi-filosofi yang ada dengan membagikan konten berupa foto atau video dengan kualitas tinggi diharapkan menarik perhatian pelanggan. Dalam memaksimalkan rencana upaya dalam meningkatkan retensi pelanggan berdasarkan variabel yang ada bagi Gamaindigo Natural Dye, disesuaikan dengan pernyataan Ibu Edia dalam wawancara yang meyakini “Serahkan pada Ahlinya”, dapat mengupayakan pihak khususnya ahli design untuk diversifikasi produk dan ahli pemasaran untuk public relation. Peneliti berharap setelah penelitian ini akan ada cetakan buku/referensi terbaru khusus mengenai pewarna alam indigo sehingga mempermudah dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516200080
Uncontrolled Keywords: Batik, Pewarna Alami Indigo, Retensi Pelanggan
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Tourist / Traveler
Economy > Customer
Arts and philosophy > Handycrafts > Traditional Cloth
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:53
Last Modified: 06 Jan 2022 05:09
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item