Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial di Kawasan Wisata Alam Pinus Pengger, Dlingo, Kabupaten Bantul

Azmi, Rizki Arina Nur (2019) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial di Kawasan Wisata Alam Pinus Pengger, Dlingo, Kabupaten Bantul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (789kB)

Abstract

Pertumbuhan teknologi yang semakin meningkat di era modern saat ini menjadikan setiap orang sangat bergantung pada gadget dan media sosial guna mencari informasi dalam bidang apapun, salah satunya dalam bidang pariwisata. Wisatawan yang termasuk dalam generasi milenial akan mencari informasi melalui media sosial khususunya instagram terkait tempat wisata yang akan dikunjungi. Dengan adanya media sosial instagram akan mempermudah wisatawan mendapatkan informasi terkait wisata alam Pinus Pengger sebelum akhirnya memutuskan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial di kawasan wisata alam Pinus Pengger, Dlingo, Kabupaten Bantul. Penelitian kuantitatif ini dilakukan kepada 100 wisatawan milenial di wisata alam Pinus Pengger dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan uji regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel media sosial instagram yang memiliki tujuh (7) indikator dengan variabel keputusan berkunjung wisatawan milenial. Hipotesa pada penelitian ini adalah ada pengaruh (Ha) dan tidak ada pengaruh (Ho). Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak. Indikator yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah hashtag (#), mention dan geotag. Wisatawan lebih aktif menggunakan ketiga fitur tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516200076
Uncontrolled Keywords: Media sosial instagram, keputusan berkunjung, wisatawan milenial
Subjects: Tourism > Ecotourism
Social Media
Tourism > Visitation > Visitation Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:40
Last Modified: 10 Jan 2022 03:40
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item