Analisis Pengaruh Saluran Distribusi Pemasaran Hotel Terhadap Tingkat Penjualan Produk The Sahid Rich Jogja Hotel

Rafei, Imas Anji (2017) Analisis Pengaruh Saluran Distribusi Pemasaran Hotel Terhadap Tingkat Penjualan Produk The Sahid Rich Jogja Hotel. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di hotel The Sahid Rich Jogja mengambil topik yaitu saluran distribusi pemasaran hotel dengan tingkat penjualan produk hotel. Terdapat 2 (dua) permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yang pertama adalah apakah ada pengaruh saluran distribusi pemasaran hotel yang terdiri dari tiga variabel yaitu Event Organizer, Travel Agent,dan Online Travel Agent terhadap tingkat penjualan produk hotel The Sahid Rich Jogja? Yang kedua adalahapakah dari ketiga variabel bebas ada yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu tingkat penjualan produk hotel? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan alat Uji Regresi Linear Berganda untuk mengetahui besar kecilnya hubungan, Uji t untuk menguji secara parsial antara ketiga variabel bebas dengan variabel terikat, dan Uji F untuk menguji secara simultan ketiga variabel bebas dengan variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah berupa sampel waktu yang diambil dari penjualan produk kamar hotel The Sahid Rich Jogja dari masing – masing variabel selama 30 bulan, terhitung dari bulan Juli 2014 hingga Desember 2016. Untuk mendapatkan data penelitian peneliti menggunakan meode pengambilan data yaitu dengan observasi di sales marketing department, dokumentasi sesuai sampel yang telah ditentukan, dan wawancara yang dilakukan dengan bagian reservasi hotel. Berdasarkan hasil olah data dengan menggunakan Uji Regresi Linear Berganda yaitu dengan melihat nilai R dan R Square diperoleh hasil bahwa nilai R sebesar 0,871 yang masuk pada interval koefisiensi 0,80 – 1,000 menunjukan adanya korelasi yang sangat kuat antara ketiga variabel bebas dengan variabel terikat dengan prosentase 73,2% dilihat dari nilai R Square. Dalam Uji t yang dilakukan terdapat 2 (dua) variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan kamar, sedangkan tedapat 1 (satu) variabel bebas yaitu event organizer tidak berpengaruh terhadap tingkat penjualan kamar hotel. Sedangkan saat diuji secara bersamaan dengan Uji F, ketiga variabel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan produk hotel. Dari Uji F tersebut disimpulkan bahwa F hitung > F tabel yaitu 27,357 > 3,353 yang berarti Ho ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan antara ketiga variabel bebas dengan variabel terikat. Kata kunci : Saluran Distribusi Pemasaran Hotel, Event Organizer, Travel Online Travel Agent, Tingkat Penjualan Produk Kamar Hotel

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313100658
Uncontrolled Keywords: Saluran Distribusi Pemasaran Hotel, Event Organizer, Travel Online Travel Agent, Tingkat Penjualan Produk Kamar Hotel
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Distribution
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:12
Last Modified: 21 Apr 2021 04:47
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item