Nurrohchimah, Leni Fitri (2020) Destinasi Pasar Ngingrong sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat di Desa Mulo Kabupaten Gunungkidul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (378kB) |
Abstract
Destinasi Pasar Ngingrong merupakan salah satu pasar wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul yang memiliki kesan tradisional dengan menjual berbagai macam makanan tradisional dan sembari menikmati makanan tradisional wisatawan juga disuguhkan dengan berbagai daya tarik wisata alam, khusus dan buatan seperti susur gua, menuruni tebing dengan bantuan tali, holing, flying fox dan jemparingan (panahan tradisional gaya Mataram ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Pemberdayaan Masyarakat Desa Mulo, Implementasi atau Penerapan Pemberdayaan di Desa Mulo serta Hasil dari Pemberdayaan Masyarakat di Desa Mulo. Penelitian ini Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan narasumber destinasi Pasar Ngingrong untuk mendapatkan informasi yang valid, observasi lapangan untuk melakukan pengamatan secara langsung dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfataan potensi yang ada di Desa Mulo membantu mengangkat nama Desa Mulo di wisatawan nusantara maupun mancanegara dan terjaganya kebudayaan lokal , partisipasi masyarakat menjadikan masyarakat semakin kompak dalam bergotong-royong dan bertambahnya tingkat produktifitas kerja sehingga dapat meningkatan perekonomian masayrakat, pemasaran yang dilakukan di Desa Mulo menunjukan bertambahnya wisawatan yang datang dan mengenalkan Pasar Ngingrong serta kerjasama untuk membantu dan memberikan kontribusi kepada Desa Mulo khususnya Pasar Ngingrong.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 516100574 |
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Masyarakat, Pasar Wisata, Pasar Ngingrong |
Subjects: | Tourism > Tourism Destination Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development Economy > Market |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 05:04 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 05:04 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/814 |
Actions (login required)
View Item |