Strategi Pengembangan Tourist Information Center (TIC) sebagai Penyedia Layanan Informasi Pariwisata di Kota Ternate (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kota Ternate)

Subur, Novia.R (2020) Strategi Pengembangan Tourist Information Center (TIC) sebagai Penyedia Layanan Informasi Pariwisata di Kota Ternate (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kota Ternate). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tourist Information Center (TIC) merupakan sebuah sentral pelayanan dalam mendapatkan keterangan baik dalam bentuk lisan, tulisan, media cetak, audio visual, dan lain – lain mengenai pariwisata di Kota Ternate (Peraturan Walikota Tahun 2018). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan Tourist Information Center (TIC) sebagai penyedia layanan informasi pariwisata di Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menguraikan data dari hasil studi kepustakaan, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi yang diperoleh selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian strategi yang dapat dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam pengembangan Tourist Information Center sebagai penyedia layanan informasi pariwisata menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisa berdasarkan faktor internal (Strength, Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities, Threats) yang kemudian kedua faktor ini digunakan untuk membuat strategi berdasarkan matriks SWOT sehingga mendapatkan hasil berupa strategi yaitu strategi SO, strategi WO, strategi ST, dan strategi WT. Media informasi yang tersedia di Tourist Information Center kurang di update. Sehingga diperlukan media informasi lain yang awalnya hanya menampilkan video menggenai event-event yang sudah terlaksana di layar monitor, ditambahkan dengan pembuatan buku ataupun pemasangan papan billboard yang berisikan informasi mengenai destinasi wisata, potensi alam, sejarah dan budaya yang ada di Kota Ternate. Informasi yang disampaikan mengenai ketersediaan 3A (atraksi, aksesibilitas, amenitas) yang ada di Kota Ternate sudah cukup baik dan jelas, akan tetapi masih diperlukan penambahan informasi terkait dengan 3A yang awalnya hanya diseputar Kota Ternate menjangkau hingga di beberapa Kabupaten yang ada di Maluku Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100615
Uncontrolled Keywords: Tourist Information Center, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT
Subjects: Tourism > Tourism Development
Bibliography. Library Science. Information Resources > Information Resources
Research > Research Methodology and Statistics
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:30
Last Modified: 14 Feb 2022 02:30
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item