Analisis Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Baru “Sato Loka” di Kabupaten Sleman

Agustin, Silvia (2020) Analisis Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Baru “Sato Loka” di Kabupaten Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya pesaing atau competitor pada saat ini mengharuskan pihak pengelola objek wisata baru harus melakukan pengembangan terhadap objek wisatanya, salah satunya objek wisata Sato Loka. Dengan begitu langka awal yang harus dilakukan yaitu dengan menentukan strategi yang tepat dan berdaya saing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara yang bersumber dari pihak objek wisata Sato Loka, dokumentasi, studi pustaka, serta kuesioner dengan jumlah 10 responden. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu penulis menggunakan analisis SWOT dengan melihat aspek atraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis SWOT yang dilakukan penulis, dapat diketahui kekuatan yang ada adalah memiliki suasana sejuk alami khas Kaliurang, memiliki nilai edukasi, dapat dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan outbound, harga tiket relatif murah, akomodasi dan fasilitas lengkap. Kelemahan yang ada yaitu kurang beragamnya koleksi satwa yang ditawarkan, kurangnya lahan untuk melakukan kegiatan wisata, belum gencar melakukan promosi objek wisata, keamanan dan keselamatan belum terjamin, belum ada penataan ruang yang terencana. Peluang yang ada yaitu lokasi yang dekat dengan objek wisata terkenal, adanya dukungan pihak pemerintah/swasta, kegiatan wisata yang sudah menjadi gaya hidup, adanya daya dukung lingkungan, adanya partisipasi masyarakat lokal. Sedangkan ancaman yang ada yaitu adanya kompetitor, lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi, lokasi objek yang jauh dari perkotaan. Berdasarkan masukan dari matriks IFAS dengan skor total 1.17 dan EFAS dengan skor total 1.57, didapatkan posisi objek wisata Sato Loka berada pada kuadran I (positif,positif), yang menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang rekomendasi strategi yang dibutuhkan adalah progresif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100587
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Daya Tarik Wisata
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Tourism Development
Science > Environmental Science > Conservation > Animal Conservation > Zoological Park
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:13
Last Modified: 15 Feb 2022 07:13
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item