Strategi Pemasaran Grand Senyum Hotel Yogyakarta dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Putri, Btary Tyas Kencana (2020) Strategi Pemasaran Grand Senyum Hotel Yogyakarta dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia pada saat ini menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Dewasa ini hotel-hotel di Yogyakarta juga berkembang sebagai tempat akomodasi para wisatawan, hotel juga dipergunakan untuk tujuan lain misalnya menjalankan kegiatan bisnis, mengadakan seminar maupun kepentingan lainnya. Sejak wabah corona merebak di Indonesia, banyak sektor ekonomi yang ikut terdampak salah satunya bisnis perhotelan. Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Singgih Raharjo menyatakan saat ini Jogja memasuki kondisi darurat pariwisata, tercatat ada sebanyak 60 hotel di Yogyakarta yang saat ini berhenti beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Grand Senyum Hotel ddalam kondisi pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari Grand Senyum Hotel. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu penulis menggunakan analisis SWOT dengan melihat aspek dari bauran pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis SWOT yang dilakukan penulis, dapat diketahui srategi pemasaran Grand Senyum Hotel dengan tahapan bauran pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion dianggap efektif karena tingkat occupancy setelah dilakukannya berbagai macam pemasaran tersebut terlihat kenaikan occupancy dari sebelumnya yaitu antara 15% - 30%. Dari hasil tersebut terdapat kesimpulan yang terdiri dari (1) Strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menjual produk hotel yaitu kamar, rice box, meeting room dan swimming pool adalah satu cara manajemen Grand Senyum Hotel agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor lainnya disaat kondisi pandemi COVID-19 saat ini. (2) Strategi pemasaran lainnya dengan cara membanting harga dan menjual dengan harga terjangkau disaat pandemi COVID-19 adalah salah satu terobosan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. (3) Lokasi Grand Senyum Hotel yang letaknya strategis ditengah kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan, tempat wisata dan terjangkaunya alat transportasi disana maka dapat dijadikan peluang menambah adanya fasilitas shuttle (antar jemput) dari hotel ke tempat kemana yang tamu inginkan. (4) Promosi ditengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini cara yang paling efektif dilakukan manajemen Grand Senyum Hotel melalui akses media sosial karena dianggap penyebaran informasi yang cepat sehingga akan memudahkan para konsumen melakukan reservasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 316100908
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, 4P, SWOT
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Hotel Motel Restaurant
Research > Research Methodology and Statistics
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:10
Last Modified: 21 Feb 2022 02:10
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item