Nugraha, Dion Nur Dinianta (2021) Analisis Kualitas Produk Kamar Oleh Room Attendant di Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (134kB) |
Abstract
Bagi bisnis hotel, memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya adalah merupakan hal yang mutlak dilakukan guna meningkatkan kepuasan para tamu hotel. Dimana kepuasan tamu ini dapat dilihat dari tingkat kualitas produk yang diberikan oleh hotel. Kualitas produk kamar yang baik penting untuk di perhatikan supaya pelanggan ataupun konsumen merasa nyaman untuk tinggal/menginap di hotel tersebut. Hal ini yang menjadikan peneliti melakukan penelitian tentang kualitas produk kamar yang dilakukan oleh room attendant di Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode kuesioner, dan metode dokumentasi. Subyek penelitian adalah supervisor Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta, supervisor di divisi room attendant, karyawan room attendant, dan tamu yang menginap di Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Pengunjung atau tamu hotel menilai produk kamar Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta tampak indah dengan berbagai ornament dan hiasan-hiasan yang menempel sehingga menjadikan kenyamanan bagi para tamu hotel yang menginap; (2) Dari sisi kerapian, para tamu hotel memandang produk kamar Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta memiliki kerapian yang sangat baik dalam tata letak fasilitas dan tempat tidur yang membuat tamu merasa senang menginap; (3) Dalam hal kebersihan, para tamu hotel menyatakan bahwa produk kamar Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta terlihat bersih, tidak berbau, higiens, tertata rapi, dan tidak terlihat sedikitpun debu yang menempel pada bagianbagian ruangan kamar hotel; (4) Para tamu hotel menyatakan bahwa produk kamar Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta sudah memiliki fasilitas perlengkapan yang memadai sesuai dengan kelasnya dengan fasilitas kamar yang lengkap; dan (5) Berdasarkan sisi kesehatan kamar, para tamu hotel memandang produk kamar Hotel Ibis Malioboro Yogyakarta merasakan adanya jaminan kamar hotel yang bersih dan higien yang menjadikan tamu hotel merasa aman dan nyaman akan kesehatan mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 315100766 |
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Kualitas, Room Attendant. |
Subjects: | Economy > Industry > Product Quality |
Divisions: | Pengelolaan Perhotelan D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 08:18 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 08:18 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |