Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk di Six Senses Restaurant Yogyakarta

Azlina, Nur (2021) Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk di Six Senses Restaurant Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Restoran adalah suatu tempat bangunan yang diorganisasikan secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada konsumen yang berupa makanan maupun minuman. Perilaku beli konsumen juga sangat penting untuk diperhatikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian suatu produk direstoran. Beberapa perilaku konsumen yang perlu diperhatikan meliputi Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi. Penulis melakukan penelitian di salah satu restoran yang cukup terkenal dikalangan masyarakat yakni Six Senses Restaurant Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, berpengaruh terhadap Keputusan pembelian Produk di Six Senses Restaurant Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada februari 2021 menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sebanyak 67 responden yang meliputi seluruh konsumen yang datang ke Six Senses dan dihitung menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam bentuk penyebaran angket/kuisioner kepada responden, melakukan obervasi langsung ke Six Senses, melakukan wawancara langsung dengan bapak Wendy Umar Senoaji salah satu Staf Six Senses, dokumentasi Six Senses Restaurant untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam penelitian. Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda karena dalam penelitian ini jumlah variabel independen (X) lebih dari satu sedangkan uji hipotesis mengunakan uji (T) dan uji (F). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan variabel independen (X) budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap variabel dependen (Y) keputusan pembelian. Dibuktikan dari hasil uji F yaitu F hitung >F tabel 27.668 >2,52 dan nilai signifikan 0,000< 0,05 yang artinya hipotesis diterima yaitu Ha1 diduga bahwa Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk di Six Senses Restaurant Yogyakarta. Hasil uji T akan signifikan jika diperoleh nilai T hitung > T tabel dan nilai sig < 0,05. Hasil uji T menunjukan bahwa varabel (X3) yaitu Faktor Pribadi berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Dibuktikan dengan T hitung < T tabel 0,334<1,997 dan nilai signifikan 0,704 > 0,05 yang artinya hipotesis ditolak yaitu Ha2 diduga bahwa Faktor Pribadi berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk di Six Senses Restaurant Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101017
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Six Senses Restaurant Yogyakarta
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Decision
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2023 05:12
Last Modified: 25 Jan 2023 05:12
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item