Artiwi, Ikke (2023) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di taman Kyai Langgeng Magelang. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Ikke Artiwi, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
Ikke Artiwi, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
![]() |
Text
Ikke Artiwi, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (533kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari dari adanya fenomena kenaikan jumlah pengunjung pada Taman Kyai Langgeng yang mengidentifikasikan adanya kepuasan berkunjung. Kondisi tersebut secara literatur diasumsikan salah satunya dipengaruhi oleh faktor fasilitas wisata dan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas wisata dan kualitas pelayanan dengan kepuasaan pengunjung Taman Kyai Langgeng Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan teknik. Sampel penelitian berjumlah 100 pengunjung Taman Kyai Langgeng Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran instrument penelitian kuesioner (angket) dan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach alpha menghasilkan nilai skala Fasilitas Wisata sebesar 0,911 kemudian skala Kualitas Pelayanan sebesar 0,900 dan skala Kepuasaan Wisatawan sebesar 0,882. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel fasilitas wisata (X1) terhadap kepuasan wisatawan (Y) dengan nilai t hitung > t tabel (2.632 > 1.984). Selanjutnya, terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan wisatawan (Y) dengan nilai t hitung > t tabel ( 2.632 > 1.984). Sementara itu, kedua variabel independen (fasilitas wisata dan kualitas layanan) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan wisatawan) di Taman Kyai Langgeng Magelang dengan hasil nilai signifikansi pada uji F yang bernilai 0.000 (p < 0,05) dan nilai F hitung 18.252 > F tabel 3.09. Variabel kualitas pelayanan (X2) lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan (Y), hal tersebut dibuktikan dari nilai koefisien regresi variabel kualitas layanan (X2) sebesar 0.166 dan lebih besar dari nilai koefisien regresi variabel fasilitas wisata (X1) yaitu 0.156. Hasil persamaan regresi dari penelitian ini adalah Y = 27.001 + 0.156X1 + 0.166X2. Besaran sumbangan efektif variabel variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0.273 atau 27,3% dan 72,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 417100495 |
Uncontrolled Keywords: | fasilitas wisata, kualitas pelayanan, kepuasaan wisatawan, taman kyai langgeng magelang |
Subjects: | Tourism Tourism > Accessibility Tourism > Amenities (Facility) Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 02:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 02:24 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |