Damara, Irfan Donny (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Citra Elo Rafting Magelang Jawa Tengah. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
IRFAN DONNY DAMARA, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
IRFAN DONNY DAMARA, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
![]() |
Text
IRFAN DONNY DAMARA, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Citra Elo Rafting Magelang Jawa Tengah”.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 (lima) dimensi, yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan Citra Elo Rafting dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan wisatawan. Metode penelitian dengan jumlah responden 70 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kelima dimensi kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan wisatawan di Citra Elo Rafting Magelang, hal ini bisa dilihat berdasarkan nilai persamaan regresi linear berganda dan hasil uji F simultan juga diperoleh F hitung 20,333 > F tabel 2,36 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dari itu hipotesis Ha1 diterima. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung keempat dimensi variabel kualitas pelayanan lebih besar dari nilai t tabel dan t hitung sedangkan untuk variabel responsiveness (X2) memiliki nilai t hitung < t tabel sehingga responsiveness tidak signifikan secara parsial. Nilai t hitung terbesar diperoleh oleh variabel empati/emphaty (X4) merupakan variabel paling dominan dan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Citra Elo Rafting Magelang Jawa Tengah maka Ha2 ditolak. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 58,2% sedangkan sisanya 41,8% di pengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak peneliti jelaskan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 417100449 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pemandu Wisata Rafting, Kepuasan Wisatawan, Citra Elo Rafting Magelang Jawa Tengah |
Subjects: | Tourism Tourism > Ecotourism Tourism > Guide Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 02:32 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 02:32 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |