Harapan, Kamaria Ratu (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Lokal Terhadap Kepuasan Wisatawan di taman Sari Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
KAMARIA RATU HARAPAN, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
KAMARIA RATU HARAPAN, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
KAMARIA RATU HARAPAN, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu cara yang dilakukan pemandu lokal untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan adalah memberikan pelayanan yang berkualitas. Maka dari itu kompetensi pemandu lokal dijadikan aspek utama dalam penelitian ini . Saat wisatawan berada di Taman Sari tidak hanya melihat suatu artefak, namun juga memerlukan layanan informasi, pendidikan dan ketanggapan sekaligus empati dari seorang pemandu lokal. Adanya layanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan, sehingga kualitas pelayanan dari seorang pemandu lokal sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel independen kualitas pelayanan (X) dan varibel dependen kepuasan wisatawan (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengambilan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan wisatawan yang menggunakan jasa guide local di Taman Sari Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis linier berganda, uji f, uji t, uji r square dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan analisis regresi linear berganda yaitu Y=2,208+0,253+0,227+0,270+0,392+0,276 pada uji F secara simultan didapatkan ?h 27,023 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hal diterima, artinya faktor Tangible, Realibily, Responsivennes, Assurance dan Emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan wisatawan. hasil uji t dapat disimpulkan variabel Assurance (X4) secara persial berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) yang berkunjung ke Taman Sari. Pembuktian dapat dilihat dari Nilai t hitung untuk variabel Assurance adalah 3,43 > 1,660 dan nilai sig.0,023 > 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Assurance dengan Kepuasan Wisatawan. (Adjust R2) sebesar 0.568 atau (56,8%). Hal ini menunjukan bahwa 56,8% kepuasan wisatawan wisatawan di destinasi Taman Sari dipengaruhi oleh sedangkan Tangible, Realibily, Responsivennes, Assurance dan Emphaty. Sedangkan 43.2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti dengan adanya bangunan-banguan tua yang menarik serta menyimpan banyak sejarah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100638 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Guide Lokal, Kepuasan wisatawan |
Subjects: | Tourism Tourism > Guide Tourism > Historical / Heritage Tourism Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 03:44 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |