., Ranaldo (2023) Analisis Kualitas Pelayanan PT Belitung Lestari (tour and travel) Guna Meningkatkan Kepuasan Customer. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
Ranaldo, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
Ranaldo, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Ranaldo, BAB V- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peneliti mengambil judul “Analisis Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap wisatawan yaitu bagaimanakah pengaruh kualiatas pelayanan pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan di agent travel dan apakah faktor Responsive faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Dengan mengacu pada rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah diatas, yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dalam pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan di pulau belitung dan mengetahui faktor responsive merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah dengan metode kuantitatif dikarenakan penelitian ini membandingkan dua variabel yang bebeda. Variabel Independen X1 = Tangible, X2 = Reliability, X3 = Responsive, X4 = Assurance, X5 = Empathy, dengan variabel dependen Y = Kepuasan Wisatawan. Penelitian ini yang telah dilakukan dengan jumlah 100 responden yang pernah berkunjung ke Pulau Belitung menggunakan agent travel PT. BELITUNG LESTARI dengan menggunakan pemandu wisata. Hasil penelitian, bedasarkan uji hipotesis pengujian signifikansi menunjukan bahwa terdapat nilai sebesar 0,000 < 0,05. Nilai tersebut dapat membuktikan Ha dapat diterima, yang berarti bahwa “Reliability” berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan” F hitung sebesar 14.904 dan Probabilitas sebesar 0,00. Karena sig 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel tangible, reliability, responsive, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Koefisien determinasi (Adjusted R2 ) sebesar 0,751, artinya variabel tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy secara bersamasama mempengaruhi variabel kepuasan wisatawan sebesar 75,1%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100688 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan |
Subjects: | Tourism Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:48 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |