Arifin, Risqi Muhamad (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Guide Terhadap Kepuasan Wisatawan dalam Open Trip Pendakian di biro Perjalanan Wisata MDPL Jogja. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
RISQI MUHAMAD ARIFIN, HALAMAN JUDUL-BAB I.pdf Download (693kB) |
![]() |
Text
RISQI MUHAMAD ARIFIN, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
![]() |
Text
RISQI MUHAMAD ARIFIN, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan tour guide yang diwakili oleh lima variable yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan wisatawan dalam open trip pendakian yang diadakan MDPL Jogja. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif, metode pengumpulan sample yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah mereka yang pernah menggunakan jasa atau mengikuti open trip yang diadakan oleh MDPL Jogja selama periode Juli-Agustus 2023. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji f (simultan), uji t (parsial), dan uji determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan nilai yang diperoleh dari uji f (simultan) variable reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) terhadap kepuasan wisatawan (Y) adalah 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung 6.066 > f table 2.602. Sehingga terdapat pengaruh secara simultan terhadap kepuasan wisatawan dan Ha1 diterima. Hasil statistik uji t (parsial) variable X1 memiliki nilai 328 > 0,05 dan nilai t hitung 998 < 2.064 , variable X2 memiliki nilai 0,026 < 0,05 dan nilai t hitung 2.368 > 2.064 , variable X3 memiliki nilai 265 > 0,05 dan nilai t hitung -1.141 < 2.064 , variable X4 memiliki nilai 0,007 < 0,05 dan nilai t hitung 2.937 > 2.064 , variable X5 memiliki nilai 535 > 0,05 dan nilai t hitung 630 < 2.064. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variable responsiveness (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan (Y) dan Ha2 diterima. Hasil statistik uji determinasi menunjukkan nilai adjusted R square 0,446 yang berarti terdapat pengaruh kualitas pelayanan tour guide sebesar 46,6% terhadap kepuasan wisatawan dalam open trip pendakian di biro perjalanan wisata MDPL Jogja. Jadi dalam penelitian ini terbukti bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh dalam terciptanya kepuasan wisatawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100691 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan, MDPL Jogja |
Subjects: | Tourism Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development Tourism > Guide Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Travel > Travel Agent Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:08 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:09 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |