Analisis Pengaruh Kualitas Pelaynaan Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta

Surya, Rizki Hidayati (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Pelaynaan Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Rizki Hidayati Surya, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
Rizki Hidayati Surya, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Rizki Hidayati Surya, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengukur tentang besarnya pengaruh variable kualitas pelayanan terhadap kepuasan kunjungan wisatawan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 wisatawan domestic yang dipilih berdasarkan jenis populasi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, maka didapat persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 3,294 + -0,197 X1 + (0,274) (X2) + (0,086) (X3) + 0,357 (X4) + 0,129 (X5)+ e. Kesimpulan dari hasil analisis di atas, diketahui bahwa variabel emphaty (X4) yang paling berpengaruh terhadap variabel kepuasan wisatawan (Y) di Museum Gunung Api Merapi. Hal ini dikarenakan variabel emphaty (X4) memiliki nilai t hitung paling tinggi (3,255 > 1.985) dibandingkan variabel lainnya. Berdasarkan hasil tersebut maka Ha1 yang berbunyi “Diduga kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Museum Api Merapi Yogyakarta.”diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100508
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan, wisatawan, Museum Gunung Api Merapi
Subjects: Tourism
Tourism > Educational Tours
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:12
Last Modified: 09 Jan 2025 03:12
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item