Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Event Larungan Sesaji di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Pramarta, Tirai Trisna Herawati (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Event Larungan Sesaji di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
TIRAI TRISNA HERAWATI PRAMARTA, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TIRAI TRISNA HERAWATI PRAMARTA, BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
TIRAI TRISNA HERAWATI PRAMARTA, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Larungan Sesaji merupakan salah satu faktor pendukung pariwisata khususnya Wisata Budaya dan Wisata Alam. Kualitas pelayanan dan harga menjadi prioritas kepuasan bagi wisatwan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga secara signifikan dan untuk mengetahui diantara kedua variabel bebas yang mempengaruhi secara dominan terhadap Kepuasan Wisatwan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan instrumen penelitian kuesioner sebanyak 150 responden. Data dalam penelitian ini telah uji kelayakan instrumen dan variabel dengan bantuan analisis data, yaitu uji F, analisis linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi (R2 ), yang diolah melalui program SPSS statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan (XI) dan Harga (X2) secara signifikan mempengaruhi Kepuasan Wisatwan (Y), berdasarkan uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 67,609 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,06 artinya Ha diterima. Uji T menunjukkan thitung 5,930 Harga lebih besar dari thitung Kualitas Pelyanan 4,920, artinya Ho² diterima dan Harga sangat berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatwan dibandingkan Kualitas Pelayanan. Uji koefisien determinasi pada penelitian ini mengindikasikan nilai R2 adalah 0,472 yang artinya variabel bebas Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat Kepuasan Wisatwan (Y) dengan nilai sebesar 47,2%, dan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diantara beberapa faktor yang mempengaruhi diluar pelayanan dan harga antara lain, kurang mengenalnya Larungan Sesaji, Lokasi yang jauh dari pusat kota, kurangnya bekerja sama dengan pihak industri lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 419100725
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Wisatawan, Larungan Sesaji
Subjects: Tourism
Economy > Marketing > Price, Cost, Value
Tourism > Religious Tourism
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:22
Last Modified: 09 Jan 2025 03:22
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item