., Waldi (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Lokal Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kampung Rinca, Taman Nasional Komodo. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
WALDI, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
WALDI, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
WALDI, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (609kB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu pendorong utama pembangunan ekonomi di banyak wilayah, khususnya di Indonesia, yang terkenal dengan destinasi yang beragam dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pemandu wisata lokal terhadap kepuasan wisatawan di Kampung Rinca, yang terletak di dalam Taman Nasional Komodo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi terdiri dari para pengunjung ke Kampung Rinca, Taman Nasional Komodo. Data dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pengunjung Taman Nasional Komodo, menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Kehandalan (X1), Ketanggapan (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Wujud Nyata (X5). Variabel dependen adalah "Kepuasan Wisatawan." Berdasarkan hasil analisis secara parsial, ada 3 (tiga) variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yaitu Kehandalan, Jaminann dan Empati. Sedangkan 2 (dua) variabel lainnya yaitu Ketanggapan dan Wujud Nyata tidak perpengaruh secara signifikan. Nilai T hitung variabel Jaminan sebesar 5.206, yang lebih besar daripada nilai T tabel sebesar 2.42. Hal ini menunjukkan bahwa faktor Jaminan memiliki pengaruh yang signifikan pada tingkat kepuasan wisatawan dan merupakan faktor yang paling dominan dalam memengaruhi tingkat kepuasan wisatawan di Kampung Rinca, Taman Nasional Komodo. Dengan kata lain, faktor Jaminan memiliki dampak yang paling kuat terhadap tingkat kepuasan wisatawan. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha2) diterima yaitu variabel Jaminan yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan wisatawan. Berdasarkan hasil analisis yang Peneliti peroleh, terdapat hasil analisis yang menunjukkan bahwa faktor-faktor kualitas pelayanan, yaitu Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati, dan Wujud Nyata, secara bersama-sama (simultan) memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan (Y) di Kampung Rinca, Taman Nasional Komodo. Pada tingkat signifikansi 0.05, hasil analisis menunjukkan bahwa nilai F hitung adalah 32.637, sementara tingkat signifikansi ANOVA adalah 0.000 (kurang dari 0.05). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha1) diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan pemandu wisata lokal terhadap kepuasan wisatan di Kampung Rinca. Diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.615. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel-variabel independen secara bersama-sama menjelaskan sekitar 61,5% variasi dalam tingkat kepuasan wisatawan. Ini berarti bahwa faktor-faktor ini secara signifikan memengaruhi tingkat kepuasan wisatawan, sementara sisanya yaitu 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 419100726 |
Uncontrolled Keywords: | pemandu wisata lokal, kualitas layanan, kepuasan wisatawan, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo |
Subjects: | Tourism Tourism > Guide Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction |
Divisions: | Usaha Perjalanan Wisata D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 03:28 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 03:28 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |