Ariyana, I Gede Pandu (2023) Analisis Kualitas Kebersihan Kamar Terhadap Kepuasan Tamu di Marriott Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
![]() |
Text
I GEDE PANDU ARIYANA, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
I GEDE PANDU ARIYANA, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
I GEDE PANDU ARIYANA, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kualita Kebersihan Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Di Marriott Hotel Yogyakarta”. yang dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan peneliti terhadap pelayanan yang di berikan oleh Room-Attendant yang membersihkan kamar untuk tamu yang menginap di Marriott Hotel Yogyakarta. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas kebersihan kamar yang disedikan oleh Room attendant terhadap kepuasan tamu di Marriott Hotel Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya faktor yang mempengaruhi kepuasan tamu di Marriott Hotel Yogyakarta pada saat membersihkan kamar, sisa-sisa debu yang kecil masih ada berterbangan sehingga menyebabkan adanya keluhan dari tamu yang merasa tidak nyaman karena memiliki alergi dengan debu. Dalam hal ini kinerja Room attendant yang mempengaruhi kepuasan tamu dilihat dari 3 faktor yang dilakukan oleh Room attendant, yaitu : 1). dilihat dari kebersihan yang dilakukan oleh Room attendant harus lebih teliti pada saat membersihkan kamar, 2). kerapihan yang dilakukan oleh Room attendant pada saat menata fasilitas dikamar harus selalu rapi dan berurutan, dan 3). kelengkapan fasilitas harus sesuai dengan standart Marriott Hotel Yogyakarta. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas kebersihan kamar yang disiapkan pleh Room attendant sudah diterapkan dengan baik pada saat memberikan pelayanan kebersihan, kerapihan, dan kelengkapaan fasilitas tetapi ada beberapa keluhan yang masih terjadi. Serta telah terlaksananya upaya peningkatan kinerja Room attendant di Marriott Hotel Yogyakarta melalui pelatihan, evaluasi, dan juga rewards untuk karyawan hotel yang terbaik. Maka penelitian ini menghasilkan kualitas kebersihan kamar yang di siapkan oleh Room attendant dalam memberikan pelayanan terhadap kepuasan tamu sudah sangat baik di capai di Marriott Hotel Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 319101506 |
Uncontrolled Keywords: | Marriott Hotel Yogyakarta, Kualitas Kamar, Kepuasan Tamu |
Subjects: | Hotel Motel Restaurant Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction Hotel Motel Restaurant > Housekeeping Department |
Divisions: | Pengelolaan Perhotelan D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:03 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |