Analisis Branding Omah Kalang Pada Kampung Wisata Prenggan Kotagede Melalui Storynomics

Puspita Dewi, Della (2024) Analisis Branding Omah Kalang Pada Kampung Wisata Prenggan Kotagede Melalui Storynomics. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
Della Puspita Dewi, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Della Puspita Dewi, BAB II - IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Della Puspita Dewi, BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis branding omah kalang pada Kampung Wisata Prenggan Kotagede melalui storynomics" bertujuan untuk mengeksplorasi potensi sejarah dan keunikan Kampung Wisata Prenggan, khususnya dalam cerita sejarah peninggalan kaum Kalang yang menjadi citra kampung wisata. Fokus penelitian ini adalah menganalisis branding Omah Kalang melalui pendekatan Storynomics Tourism, dengan pertanyaan penelitian mengenai bagaimana storynomics tourism dapat menjadi branding bagi Omah Kalang di Kampung Wisata Prenggan Kota Gede. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, memanfaatkan wawancara, observasi, dan studi dokumen untuk mendalami strategi branding Omah Kalang. Sehingga bisa melakukan identifikasi bahwa cerita-cerita lokal, sejarah keluarga, dan pengalaman tamu menjadi elemen kunci dalam branding Omah Kalang. Storynomics membuktikan peran vitalnya dalam menciptakan nilai tambah bagi merek destinasi wisata, membangun hubungan emosional dengan pengunjung. Hasil analisis menunjukkan bahwa storytelling dalam branding Omah Kalang perlu pengoptimalan citra merek, agar dapat meningkatkan daya tarik destinasi, dan memotivasi wisatawan untuk memilih berkunjung di Omah Kalang. Integrasi cerita lokal dan tradisional membuktikan bahwa keberhasilan omah kalang dalam menambah kekayaan budaya dan meningkatkan daya saing di pasar pariwisata. Diharapkan peningkatan daya tarik dan citra merek yang berkelanjutan bagi destinasi tersebut. Serta mendapatkan kesimpulan berupa, Omah Kalang merupakan refleksi hidup dan warisan yang terus hidup melalui setiap cerita yang terpatri dalam dinding-dindingnya. Dengan demikian, strategi branding yang cerdas, terutama dengan penerapan Storynomics, membuktikan bahwa Omah Kalang dapat menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi pengelola kampung wisata dan pemilik usaha untuk lebih memperkuat aspek storytelling dan startegi branding. Diharapkan peningkatan daya tarik dan citra merek yang berkelanjutan bagi destinasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 520101418
Uncontrolled Keywords: Branding, Strategi Branding, Omah Kalang, Storynomics, Kampung Wisata
Subjects: Tourism
Tourism > Culinary Tourism
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Eka Alaina S.I.Pust
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:23
Last Modified: 11 Jun 2025 01:23
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item