Nusriani, . (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan demi mencapai tujuan untuk mendeskripsikan hasil uji dari Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 50 tamu dari seluruh populasi yang merupakan tamu yang menginap di Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak yang artinya seluruh populasi berhak dijadikan responden atau sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang dipakai untuk menggali data-data dari responden atau sampel adalah bentuk angket dengan menggunakan skala likert. Adapun metode analisis untuk menguji pengaruh bauaran pemasaran terhadap tngkat hunian kamar menggunakan Analisis Regresi Linier Bergandayang mencakup Uji simultan (F), uji koefisiensi determinasi (R) dan Uji parsial (t). Dalam penelitian terdapat pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji F yaitu F hitung > F tabel (2.99>2.24) dan nilai probabilitas < 0.05 (0.012< 0.05). Jadi dapat disumpulkan bahawa bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, process berpengaruh secara bersama-sama terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Hirison Urip Sumoharjo. Berdasarkan hasil Uji R Square diketahui nilai R Square atau R2 sebesar 0.221 (22.10%). Hal tersebut berarti variabel dari bauaran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, process memberikan pengaruh sebesar 22.10% terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta. Sedangkan sisanya sebesar 77.90% didapatkan dari faktor lain yang tidak diteliti penelitian ini. Dalam penelitian ini juga didapat hasil perhitungan uji t dengan penjabaran hasil bahwa variabel product (X1) menunjukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel ( 0,138 < 2,017) dan nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 (0,891 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,172. Variabel place (X3) menunjukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel ( 0,63 < 2,017) dan nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 (0,950 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,81. Variabel promotion (X4) menunjukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel ( -2,290 < 2,017) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,027 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai negative sebesar -3,711. variabel people (X5) menunjukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel ( -0,24 < 2,017) dan nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 (0,981 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai negative sebesar -0,039. Variabel physical evidence (X6) menunjukan nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,201 > 2,017) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,033 > 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 6.007. Variabel process (X7) menunjukan nilai nilai t hitung lebih kecil dari t tabel ( -2.998 < 2,017) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05) serta koefisien regresi memiliki nilai negative sebesar -6.279. Maka dapat disimpulkan variabel price (X2) merupakan variabel yang paling dominan terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Horison Urip Sumoharjo.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 318200346 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Tingkat Hunian Kamar. |
Subjects: | Hotel Motel Restaurant Economy > Marketing > Marketing Mix |
Divisions: | Pengelolaan Perhotelan D-IV |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 03:21 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 03:21 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
View Item |