Analisis Korelasi Antara Motivasi Dengan Tingkat Prestasi Kerja Karyawan Front Office Department di The Sahid Rich Jogja Hotel

Sitorus, Anastasia Yessylina Maharani (2017) Analisis Korelasi Antara Motivasi Dengan Tingkat Prestasi Kerja Karyawan Front Office Department di The Sahid Rich Jogja Hotel. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di The Sahid Rich Jogja Hotel, penulis mengambil permasalahan yaitu ada hubungan antara motivasi dengan tingkat prestasi kerja karyawan di The Sahid Rich Jogja Hotel? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas untuk membuktikan kelayakan instrument serta alat Analisis Pearson Product Moment dan Uji T. Penulis menggunakan beberapa metode angket (kuisioner ) dan kepustakaan. Sampel dalaam penelitian ini yang penulis ambil berjumlah 30 orang karyawan Front Office department. Berdasarkan Uji Validitas yang telah dilakukan antara variabel (X ) motivasi dengan variabel (Y ) prestasi kerja, keduanya menunjukan bahwa nilai rhitung > rtabel yang artinya bahwa kuisioner tersebut sah (valid)untuk digunakan. Setelah dilakukan Uji Reliabilitas pada motivasi dan prestasi kerja hasilnya menunjukan bahwa nilai Alpha Cronbach’s untuk motivasi sebesar 0,808 > 0,800 sedangkan nilai Alpha Cronbach’s untuk prestasi kerja sebesar 0,914 > 0,800. Hal ini menunjukan bahwa kedua variabel tersebut memiliki reliabilitas yang kuat. Hasil korelasi menggunakan Analisis Pearson Product Moment, hubungan antaramotivasi (X ) dengan prestasi kerja (Y ) menunjukan nilai korelasi (rhitung ) sebesar 0,069 dan setelah dikorelasikan dengan tabel koefisien ternyata berada pada garis yang menyediakan interval koefisient (0,00 - 0,199 ), untuk analisis korelasi bernilai sangat rendah. Hasil analisis menggunakan Uji T, hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja menunjukan nilai thitung sebesar 0,368 dengan nilai signifikansi (sighitung ) sebesar 0,716. Berdasarkan signifikasi (α ) sebesar 0,05 diperoleh nilai ttabel dengan (df=N-2) yaitu (30-2=28) nilai df (degree of freedom )sebesar 28 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 0,682. Dikarenakan nilai thitung< ttabel atau (0,368 < 0,682 ) maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi kerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis yang dilihat dari hasil koefisien determinasi yang artinya bahwa motivasi yang diberikan pada karyawan memberikan kontribusi terhadap tingkat prestasi kerja karyawan sebesar 0,5% sedangkan sisanya 99,5% tingkat prestasi kerja karyawan Front Office department ditentukan oleh faktor penentu lainnya. Mangkunegara, (2003:33 )menyatakan bahwa faktor-faktor prestasi kerja berdasarkan skala prioritas pertama ialah faktor kemampuan (ability ) pegawai terdiri dari kemampuan potensi (IQ ) dan kemampuan reality (knowledge + skill ) sedangkan skala prioritas kedua ialah faktor motivasi yaitu motivasi berbentuk dari sikap (attitude )seorang pegawai dalam menghadapi situasi kerja.Pendapat diatas dapat diartikan bahwa motivasi merupakan prioritas kedua yang memiliki hubungan dengan prestasi kerja karyawan.Teori tersebut diatas menguatkan hasil dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa motivasi memiliki tingkat hubungan yang sangat rendah dengan prestasi kerja karyawan, didukung dari pendapat tersebut diatas, dapat dinyatakan bahwa tingkat prestasi kerja karyawan ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti atau masalah dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313100648
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, prestasi kerja
Subjects: Hotel Motel Restaurant > Front Office Department
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Performance
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Work Motivation
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:54
Last Modified: 22 Apr 2022 02:54
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item