Pengaruh Harga, Fasilitas dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Destinasi Wisata Ledok Sambi Kaliurang Kabupaten Sleman

Selpina, . (2021) Pengaruh Harga, Fasilitas dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Destinasi Wisata Ledok Sambi Kaliurang Kabupaten Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan suatu destinasi wisata tidak lepas dari ketersediaan unsur pariwisata yang saling berkaitan sebagai penunjang serta daya tarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung di destinasi wisata tersebut. Setiap unsur diperlukan dengan maksud untuk memberikan pengalaman yang berkualitas dan memuaskan untuk para wisatawan. Unsur yang dimaksud diantaranya adalah harga yang bersaing, fasilitas yang mendukung dan atraksi wisata yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ketiga faktor yaitu harga, fasilitas dan atraksi wisata terhadap kepuasan wisatawan di destinasi wisata Ledok Sambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sample dengan metode penentuan purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu sebesar 100 sampel. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner melalui link google form yang dikirimkan kepada responden dengan melihat history kunjungan di destinasi wisata Ledok Sambi berdasarkan postingan ulang akun instagram @ledoksambi. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga, fasilitas dan atraksi wisata terhadap kepuasan wisatawan. Dibuktikan dengan hasil analisis pengujian hipotesis Koefisien Determinasi (R²) menunjukkan nilai R² atau R Square diperoleh sebesar 0.497 atau 49,7% artinya variabel harga, fasilitas dan atraksi wisata mempengaruhi variabel kepuasan wisatawan sebesar 49.7%. Hasil pengujian hipotesis pertama secara bersama-sama diketahui bahwa F hitung adalah sebesar 33.655 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, yang berarti variabel harga, fasilitas dan atraksi wisata secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Hasil pengujian hipotesis kedua secara parsial diketahui nilai t hitung untuk variabel harga adalah 2.400 > t tabel 1.985 dan nilai Sig. 0.018 < 0.05, dengan demikian keputusannya adalah Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga dengan kepuasan wisatawan. Nilai t hitung untuk variabel fasilitas adalah 2.296 > t tabel 1.985 dan nilai Sig. 0.024 < 0.05, dengan demikian keputusannya adalah Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel fasilitas dengan kepuasan wisatawan. Nilai t hitung untuk variabel atraksi wisata adalah 3.418 > t tabel 1.985 dan nilai Sig. 0.001 < 0.05, dengan demikian keputusannya adalah Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel atraksi wisata dengan kepuasan wisatawan. Dari hasil uji T dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan adalah variabel atraksi wisata, yaitu dengan melihat nilai t hitung, nilai signifikansi dan nilai Beta. Nilai Beta variabel atraksi wisata yaitu sebesar 0.575, nilai ini lebih jauh dari angka nol jika dibandingkan variabel harga 0.437 dan variabel fasilitas 0.425, dari nilai t hitung 3.418 paling besar dan nilai signifikansi 0.001 paling kecil dari 0.05 jika dibandingkan dengan variabel harga dan variabel fasilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 519200114
Uncontrolled Keywords: arga, fasilitas, atraksi wisata, kepuasan wisatawan
Subjects: Tourism > Tourism Attraction
Tourism > Amenities (Facility)
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:11
Last Modified: 30 Dec 2022 03:11
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item