Analisis Faktor Push dan Faktor Pull Terhadap Minat Berkunjung ke Tebing Breksi

Lengo, Veronika Clarita (2021) Analisis Faktor Push dan Faktor Pull Terhadap Minat Berkunjung ke Tebing Breksi. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tebing Breksi adalah salah satu destinasi yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Angka kunjungan tersebut dicapai karena adanya daya tarik yang dimiliki Tebing Breksi, seperti ornamen-ornamen pahatan di dinding bekas penambangan terlihat unik dan artistik sehingga menjadi tempat foto favorit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi yang terdiri dari faktor pendorong (push factor) dan faktor penarik (pull factor) terhadap minat berkunjung wisatawan ke Tebing Breksi dan untuk mengetahui faktor yang lebih dominan dari push factor dan pull factor pengaruh terhadap minat wisatawan berkunjung ke Tebing Breksi. Lokasi penelitian ini adalah Tebing Breksi yang berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan variabel independen (X) adalah faktoIIr-faktor motivasi mencakup push factor (X 1 ) dan pull factor (X 2 ). Sedangkan untuk variabel dependen (Y) adalah Minat Wisatwan. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden dari populasi pengunjung Tebing Breksi. Data diperoleh dengan acara membagikan kuesioner kepada pengunjung di Tebing Breksi. Untuk analisis datanya menggunkanakan regresi linier berganda karena terdapat 2 varibel X. Sedangkan data tersebut di uji dengan Uji-T (Uji Parsial), Uji-F (Uji Anova) dan R 2 (R Square). Hasil penelitian menunjukan bahwa menunjukan F hitung 34,976 > Ftabel 3.09 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara Variabel X 1 dan X 2 terhadap minat wisatawan di Tebing Breksi. Hipotesa kedua menunjukan bahwa push factor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadapa Y, Uji hipotesis menghasilkan nilai probabilitas > 0,05, maka Ha diterima. Sedangkan R squarenya diketahui sebesar 0,419 yang artinya variabel X mempengaruhi Y sebesar 41,9%. Sedangkan sisanya sebesar 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini seperti aksesibilitas, pelayanan, harga tiket masuk dan promosi. Untuk Uji-T terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel dengan probabilitas X 1 (push factor) 3,389, X 2 (pull factor) 4,161. Hasil ini menunjukan bahwa penarik (push factor) menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100794
Uncontrolled Keywords: push factor (faktor pendorong), pull factor ( faktor penarik), minat wisatawan dan motivasi wisatawan.
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Motivation
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:56
Last Modified: 30 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item