Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Desa Merasa Kabupaten Berau Kalimantan Timur

Veronika, Zeresy (2021) Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Desa Merasa Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (922kB)

Abstract

Kalimantan Timur merupakan salah satu daerah kunjungan wisata yang terkenal di Indonesia dan memiliki banyak sekali ragam pilihan wisata. Namun, pada masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatan wisata di Kalimantan Timur terpaksa harus diberhentikan. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap Objek Wisata Batu Asu yang mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Dengan tujuan masyarakat dapat bekerja sama dengan pengelola untuk mengelola Objek wisata Batu Asu ini agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali atau berwisata di wisata Batu Asu setelah pandemi Covid-19 usai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran masyarakat dalam pengelolaan Objek wisata Batu Asu dan peran apa saja yang dilakukan masyarakat dalam mempromosikan daya tarik wisata Batu Asu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada objek Wisata Batu Asu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis wawancara,observasi dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada pengelola objek wisata Batu Asu, Kepala Desa Merasa, dan masyarakat Desa Merasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran masyarakat terhadap objek wisata Batu Asu sebagai salah satu bentuk kepedulian dan juga bentuk kesadaran masyarakat untuk ikut serta mengembangkan wisata Batu Asu. Masyarakat juga berperan sebagai komunikator yang mengamati serta menyalurkan aspirasi tidak hanya berbentuk dana tapi juga tenaga. Selain itu juga, masyarakat berperan sebagai fasilitator dengan memberikan berbagai bantuan teknis dengan cara mempromosikan wisata Batu Asu melalui Media Sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100757
Uncontrolled Keywords: Wisata Batu Asu, Media Sosial, Covid-19
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Social Media
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:27
Last Modified: 30 Dec 2022 08:27
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item