Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu di Hayati Specialty Coffee

Aldelyne, . (2021) Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu di Hayati Specialty Coffee. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang sudah lama dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kopi berasal dari Afrika, yaitu daerah pegunungan di Etiopia. Namun, kopi sendiri baru dikenal oleh masyarakat dunia setelah tanaman tersebut dikembangkan di luar daerah asalnya, yaitu Yaman di bagian selatan Arab. Kedai kopi sendiri adalah suatu tempat yang menyajikan olahan kopi espresso dan kudapan kecil. Seiring perkembangan jaman, kedai kopi juga menyajikan makanan ringan dan berat. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas terhadap kepuasan tamu dan dimensi manakah yang paling berpengaruh di Hayati Specialty Coffee. Dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuisioner dengan 23 butir pernyataan yang telah valid diuji menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan nilai r tabel (N=30) sebesar 0,361 dengan taraf signifikansi 5% lebih kecil daripada r hitung sehingga hubungannya positif dan signifikan. Dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis dan mengetahui hubungan antara variabel fasilitas dengan kepuasan tamu, peneliti menggunakan alat uji F dan t dengan alat bantu SPSS. Responden yang digunakan sebanyak 50 orang, responden merupakan pengunjung dari Hayati Specialty Coffee. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan nilai r hitung sebesar 0,551 dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pedoman tingkat kekuatan antar variabel fasilitas dengan variabel kepuasan tamu dapat dikategorikan kedalam tingkat hubungan moderat atau sedang, karena berada diantara 0.50 ≤ r < 0.70. Dari hasil uji F juga didapatkan nilai F hitung sebesar 9,730 lebih besar daripada F tabel sebesar 2,31 yang berarti variabel fasilitas berpengaruh secara stimultan terhadap kepuasan tamu. Dari hasil uji t juga didapatkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,061 dengan N = 50), maka secara statistik disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya terjadi korelasi yang signifikan antara variabel fasilitas dengan variabel kepuasan tamu. Kesimpulan dari seluruh hasil uji yang dilakukan peneliti dapat diartikan bahwa terjadi hubungan yang positif dan signifikan dengan tingkat kekuatan hubungan moderat yang dapat diartikan fasilitas sebagai media kepuasan tamu berpengaruh 51,7% terhadap kepuasan tamu dan 48,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor diluar variabel fasilitas sebagai media kepuasan tamu. Dan dimensi yang paling mempengaruhi adalah tata cahaya dan warna.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317101027
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, coffee-shop, kepuasan tamu, kopi
Subjects: Tourism > Amenities (Facility)
Hotel Motel Restaurant > Guest > Guest Satisfaction
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:06
Last Modified: 31 Dec 2022 03:06
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item